BSK Samawa

Kapolres Loteng Dampingi Kapolda NTB Cek TKP Pembakaran Lahan di Kuta

Kapolda NTB cek TKP pembakaran lahan.

Lombok Tengah, DS- Kapolres Lombok Tengah, AKBP Iwan Hidayat SIK, mendampingi Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto mengecek langsung tempat kejadian perkara (TKP) pembakaran lahan di Dusun Rangkap II Desa Kuta Kecamatan Pujut, Senin (9/10).

Pembakaran dilakukan oleh pemilik lahan atas nama Inah alias Ibu Tanum. Menurut pengaaAAaakuan pemilik lahan, pembakaran sengaja dilakukan karena nantinya lahan tersebut akan ditanami jagung pada musim penghujan.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Bukit Rangkap Desa Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Letak bukit itu sangat dekat dengan Sirkuit Mandalika dengan jarak sekitar 400 meter.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP Iwan Hidayat SIK, mengatakan pembakaran murni dilakukan pemilik ladang. “Pembakaran ini semata-mata persiapan untuk tanam jagung nantinya pada musim penghujan ,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan sosialisasi Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) selama ini rutin dilaksanakan oleh jajarannya.

“Kami sudah sosialisasikan mulai dari tingkat polres, polsek sampai dengan tingkat Bhabinkamtibmas,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan apabila masih ada warga masyarakat yang masih ngeyel membuka lahan dengan cara dibakar sehingga dapat menyebabkan Karhutla akan ditindak tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku.hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.