Berbagi Berita Merangkai Cerita

Kapolda NTB : Pilkada 2020 Ajang Silaturahami Bukan Permusuhan

0 11

MATARAM, DS – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di tujuh kabupaten/kota di NTB pada tahun ini diharapkan berjalan kondusif. Strategi pengamanan Pilkada 2020 di NTB telah dibahas oleh Kapolda sebelumnya, Irjen Pol Nana Sudjana pada Kapolda NTB yang baru, Irjen Pol Tomsi Tohir.

Kapolda Irjen Pol Tomsi Tohir mengaku telah memperoleh arahan langsung dari pejabat sebelumnya, Irjen Pol Nana Sudjana yang dilihat berhasil mengawal serta menjaga pelaksanaan Pilpres 2019 di NTB. Bahkan, terkait kejadian-kejadian apa saja yang akan menonjol di beberapa wilayah di NTB sudah ada gambaran diberikan.

“Alhamdulillah, saya sudah bahas dan itu telah kita persiapkan. Sehingga, perencanaan pengamanan Pilkada yang baik akan terus kita matangkan,” ujar Tomsi menjawab wartawan, Jumat (10/1).

Mantan Kapolda Banten itu menuturkan, kendati strategi pengamanan yang direncanakan telah bisa diterapkan namun hal itu akan sulit berjalan sesuai harapan jika tidak ada dukungan dari masyarakat.

Oleh karena itu, rasa kesadaran masyarakat bahwa pilkada ini adalah sebuah sarana untuk memilih pemimpin, bukan sebuah sarana menciptakan suatu permusuhan atau memutus tali silaturahmi harus menjadi kunci utamanya.

“Melalui ajang pesta demokrasi yang akan terselenggara di tujuh kabupaten kota ini, masyarakat mendapat kesempatan untuk merasakan kembali euforia dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yakni “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Maka, jika perbedaan pendapat mengenai siapa calon masing-masing itu adalah hal yang biasa, bukan berarti sebuah harga mati, berbeda pendapat sehingga memutus tali silaturahmi, jadi itu tidak imbang sekali,” jelas Tomsi menegaskan.

Irjen Pol Tomsi Tohir mengungkapkan rencana giat di tahun 2020 ini untuk kali pertama memberikan keterangan pers dalam jabatan barunya sebagai Kapolda NTB.

Diketahui, Pada Selasa (7/1) lalu, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melantik Irjen Pol Tomsi Tohir sebagai Kapolda NTB menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana yang menerima tugas baru sebagai Kapolda Metro Jaya.

Perwira tinggi (pati) bintang dua yang kini berusia 50 tahun tersebut adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990 yang memiliki segudang pengalaman di bidang reserse. RUL.

Leave A Reply