Kampung Lobster Telong Elong, Produsen Lobster Dunia

Pj Gubernur NTB ketika berada di Telong-Elong

Lombok Timur, DS – Setelah menyambangi masyarkat Dusun Saung yang kesulitan air bersih, PJ Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi., M.Si meninjau lokasi sentra budidaya Lobster yang ada di Telong Elong Kabupaten Lombok Timur.

Dalam waktu tersebut disampaikan PJ. Gubernur Miq Gita Telong Elong merupakan sentra budidaya yang sangat potensial. Sebagai Kampung Lobster Telong Elong memiliki beberapa terobosan diantaranya budidaya udang Vaname, Lobster dan Rumput Laut.

“Telong Elong merupakan sentra budidaya yang sangat potensial,” ujar Miq Gite di Resto Terapung pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Dijelaskan Miq Gite, berdasarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 64 Tahun 2021 Telong Elong masuk dalam Kampung Perikanan Budidaya termasuk Teluk Jor, Ketapang Raya, Maringkik, Gili Ree, Gili Belek, sampai dengan pantai Pink dengan luas wilayah perairan sekitar 1.928 Hektar, Teluk Ekas sekitar 2.195 Hektar. Teluk Seriwe 1.200 Hektar, dengan jumlah pembudidaya 1.809 orang dengan jumlah kubang atau Keramba Jaring Apung (KJA) sekitar 8.438. Dan perlu untuk diketahui bersama bahwa dari 10.000 Keramba Jaring Apung uang ada di Indonesia 8.438 Lubang ada di Kabupaten Lombok Timur.

“Telong Elong masuk dalam kampung perikanan Budidaya berdasarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 64 Tahun 2021, Dan perlu dicatat bahwa dari 10.000 Keramba Jaring Apung yang ada di Indonesia 8.438 Lubang ada di Kabupaten Lombok Timur,” jelasnya.

Vietnam menjadi produsen Lobster di dunia dengan jumlah Keramba Jaring Apungnya 150.000, dan benihnya bersumber dari Lombok Nusa Tenggara Barat.

“Jumlah Keramba Jaring Apung yang dimiliki Vietnam 150.000, tapi benihnya bersumber dari Lombok Nusa Tenggara Barat, kesugihan gumi Lombok,” cetus Miq Gita.kmf

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.