Jumlah Posyandu Keluarga di Lotim Capai 1998

Sambut tim penilau posyandu keluarga.pkp

Selong, DS-Posyandu keluarga di Kabupaten Lombok Timur jumlahnya mencapai 1998 dengan jumlah kader 11.392. Dari jumlah tersebut kader yang terlatih sebanyak 5.341 orang.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat Sekertaris Daerah Lombok Timur, Hj. Baiq Miftahul Wasli, saat menyambut Tim Penilai Lomba Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023. Tim Penilai mengunjungi Posyandu Keluarga As-Syifa, Desa Rensing Bat, kecamatan Sakra Barat, Kamis (16/11).

Pj. Sekda menyebut Posyandu sebagai upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) memegang peran penting dalam upaya memperbaiki kesehatan masyarakat. Karena itu penting pula mendorong partisipasi masyarakat, meningkatkan sarana dan pra sarana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola.

Ia mengingatkan untuk terus membangun komitmen dan sinergisitas antara stakeholder dari waktu ke waktu, “Karena hanya dengan kebersamaan semua masalah bisa diselesaikan, termasuk dalam hal mengatasi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan posyandu,” ujarnya.

Ia meyakinkan bahwa Posyandu keluarga di kabupaten Lotim sudah berjalan dengan cukup baik dan berbagai upaya pembinaan terus dilakukan guna mendorong perkembangan masing-masing posyandu ke arah yang baik dari waktu ke waktu.

Disinggungnya pula keberhasilan salah seorang kader Posyandu Keluarga asal Labuhan Lombok yang berhasil meraih juara pertama nasional. Prestasi tersebut diharapkan dapat menginspirasi kader-kader lainnya guna meningkatkan kualitas Posyandu.

Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi NTB tahun 2023 Teguh Gatot Yuwono mengapresiasi prestasi yang diraih Lombok Timur dan mengakui potensi sumber daya yang dimiliki daerah ini. Sembari memperkenalkan seluruh anggota tim penilai yang berasal dari berbagai OPD, ia juga memaparkan poin-poin penilaian dan pendalaman.

Posyandu As-Syifa menjadi wakil Lombok Timur dalam lomba Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi NTB tahun 2023. Selain pengelola Posyandu Keluarga As-Syifa Dusun Timuk Rurung, hadir pada penilaian tersebut berbagai elemen desa Rensing Bat dan Kecamatan Sakra Barat, juga TP-PKK dan sejumlah pimpinan OPD lingkup kabupaten Lombok Timur.hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.