Berbagi Berita Merangkai Cerita

JK : Vaksinasi Covid 19 di Masjid untuk Lansia

17

FOTO. HM. Jusuf Kalla. (FOTO. RUL/DS)

MATARAM, DS – Rencana Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang akan menggunakan masjid sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19, menuai dukungan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla.

Hanya saja, JK menyarankan jika proses vaksinasi massal di masjid itu menyasar para orang tua dan lansia atau bukan untuk semua kalangan.

“Sekarang ini, rencana penggunaan masjid sebagai tempat vaksinasi Covid-19, lagi kita atur dan bahas bersama dengan Menteri Kesehatan. Intinya, saya setuju tapi khusus untuk para orang tua dan lansia. Jadi enggak semua warga masyarakat divaksin di masjid,” ujar Jusuf Kalla menjawab wartawan usai bersilaturahmi dengan Gubernur dan jajaran Forkopimda Provinsi NTB di Pendopo Gubernur NTB di Mataram, Selasa (23/3).

Menurut Kalla, masjid dapat dimanfaatkan untuk tempat vaksinasi masyarakat di tingkat RT dan RW. Mengingat, masjid memiliki sarana untuk menunjang pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Meski begitu, ia mengatakan tidak semua masjid dapat menjadi tempat vaksinasi Covid-19.

JK menyebutkan, hanya masjid besar dengan halaman luas dan pengeras suara yang bisa digunakan.

“Seperti halaman yang luas dan bangunan yang luas, serta memiliki pengeras suara sehingga bisa memberi pengumuman kepada masyarakat terkait pelaksanaan vaksin Covid-19 tersebut,” jelas Kalla.

“Jadi ini masjid yang besar-besar saja yang menjadi tempat pelaksanaan vaksin Covid-19, jadi lebih mudah untuk mengaturnya,” sambungnya.

Untuk menyambut bulan Ramadhan, Kalla meminta masjid di Indonesia semakin memperketat protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan saat kegiatan ibadah berlangsung.

“Beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, itu artinya kita melaksanakan ibadah puasa dalam suasana pandemi Covid-19. Untuk itu, masjid harus tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, mewajibkan masker, jemaah membawa sajadah sendiri, dan setiap hari masjid harus dibersihkan dengan disinfektan,” tegas JK menjelaskan.

Maka dari itu, lanjut Kalla, DMI akan membagikan alat-alat kebersihan masjid di lokasi-lokasi yang rawan penyebaran Covid-19.

“DMI akan membagikan peralatan untuk menjaga kebersihan masjid tersebut, terutama untuk wilayah yang rawan penularan Covid-19,” tandas dia.RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.