Berbagi Berita Merangkai Cerita

Jelang Vaksinasi Covid 19, Forkopimda KSB Gelar Skrining

15

//FOTO. Para anggota Forkopimda KSB termasuk Dandim 1628/SB terlihat antri menunggu giliran untuk dilakukan Skrining RSUD  Asy- Asyifah. (FOTO. KASDIM/DS).

MATARAM, DS – Jajaran Forkopimda KSB akan mengikuti vaksinisasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Untuk itu, agar dapat memenuhi kreteria menerima vaksin tersebut harus diskrining terlebih dahulu. Hal ini, dimaksudkan untuk mengetahui rekam jejak kemungkinan riwayat kesehatannya.

Di KSB, sekrining dilakukan di RSUD  Asy- Asyifah milik Pemkab Sumbawa Barat. Sedangkan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan pada Rabu (3/2) ini.

Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi mengatakan, proses skrining mutlak dilakukan. Apalagi, ada beberapa kriteria jenis penyakit yang tidak boleh diberikan vaksin.

Diantaranya, tidak pernah terkonfirmasi Covid 19, tidak sedang hamil atau menyusui, tidak sedang mengalami infeksi saluran pernapasan akut (Ispa). Yakni, batuk, pilek dan sesak napas dalam tujuh hari terakhir.

“Tapi yang utama juga tidak bisa diberikan vaksin manakala ada keluarganya yang suspek atau terkonfirmasi Covid-19,” kata Dandim dalam siaran tertulisnya, Senin (1/2).

Menurut dia, kegiatan vaksinisasi adalah salah satu upaya dan langkah nyata dari pemerintah agar bangsa Indonesia segera keluar dari situasi sulit saat ini.

Oleh karena itu, Dandim meminta agar masyarakat juga turut terlibat secara aktif untuk sama sama mendukung suksesnya program vaksinasi tersebut.

“Setelah Forkopimda, akan dilanjutkan tenaga medis serta masyarakat yang akan dilaksanakan di Puskemas  masing-masing,” ucapnya.

Dandim berharap masyarakat tidak lagi mempercayai isu yang berkembang dari sumber yang tidak berkompeten terkait keampuhan vaksin tersebut.

Sebab, sumber resmi diluar petugas medis, TNI – Polri serta Satgas Covid di wilayah masing-masing sudah pasti informasi menyesatkan alias hoaks.

“Setelah berjalannya vaksinasi kita harus tetap mengedepankan Prokes Covid-19, Baik 3 M, 3 T,” tandas Dandim. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.