Jelang Pemilu, ASN Diingatkan Untuk Tetap Jaga Netralitas

Keterangan foto : Kepala Bakesbapoldagri Lombok Timur, Mustofa

SELONG,DS- Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lombok Timur diminta untuk tetap menjaga netralitas pada pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang terutama di wilayah Lombok Timur.

Kepala Bakesbangpol Lombok Timur, Mustofa mengatakan Tim Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri akan mulai turun melakukan sosialisasi ke para ASN berkaitan denga netralitas. Sosialiasi terutama ke oara ASN yang ada di semua OPD lingkup Pemkab Lombok Timur mulai dari tingkat kabupaten hingga ke kecamatan.

“Sosialiasi yang kita lakukan ini tak lain sebagai salah satu upaya untuk antisipasi kepada para ASN, soal netralitas dalam menghadapi Pemilu di 2024,”ucapnya.

Mustofa menegaskan larangan ASN untuk tidak ikut terlibat aktif dalam politik praktis sudah ada ketentuannya. Melalui sosialiasi itu pihaknya akan melibatkan berbagai pihak untuk memberikkan pandangan terutama dari segi pandangan hukum soal kewajiban ASN untuk tetap menjaga netralitas.

“Kalau ada indikasi ASN kita melakukan pelanggaran maka itu akan menjadi kewenangan Bawaslu Lombok Timur untuk memproses lebih lanjut, ” tandasnya.

Dia meyakini Bawaslu akan terus memantau dan akan menindaklanjuti berbagai informasi tentang pelanggaran yang dilakukan karena ketidak netralitasan setiap ASN dan termasuk masyarakat. Kalau memang benar ada pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintah (ASN-red) dan kalau terbukti melanggar.

“Akan ada proses sangsi baik secara administrasi kepegawaian. Mulai dari sangsi ringan hingga berat. Kalau terbukti, kita yakin pihak Bawaslu akan langsung menindak lanjuti apa yang menjadi temuannya. Terutama ketika ada ASN yang terbukti melalukan pelanggaran maka Bawaslu pasti akan memberikan rekomendasi terkait pemberian sangsi terhadap ASN yang bersangkutan,” Ujarnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.