Berbagi Berita Merangkai Cerita

Jelang MotoGP, Wagub NTB Minta Dishub Tata Fasilitas Toilet di Semua Pintu Masuk NTB

58

FOTO. Wagub Sitti Rohmi Djalilah (kiri) saat memimpin rapat koordinasi bersama jajaran Dinas Perhubungan dan stake holder perhubungan di NTB, yakni ASDP Lembar, ASDP Kayangan, DPD Organda dan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi NTB di Pendopo Wagub setempat (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah meminta seluruh fasilitas di semua pintu masuk NTB menyambut gelaran balapan motor MotoGP di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, agar diperhatikan.

Penegasan itu dikemukakan Wagub dihadapan jajaran Dinas Perhubungan dan stake holder perhubungan di NTB, yakni ASDP Lembar, ASDP Kayangan, DPD Organda dan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi NTB di Pendopo Wagub setempat, Rabu (9/6).

Menurut Wagub, fasilitas yang diperhatikan adalah pada sisi kebersihan fasilitas toilet. Sebab, muka wajah daerah, mulai dari bandara, terminal, pelabuhan hingga angkutan transportasi harus benar-benar bersih serta benar-benar dilakukan penataan sesuau standar.

“Jadi, jangan dipandang sebelah mata soal kebersihan toilet. Intinya, sebagai tuan rumah yang baik, kita wajib menyiapkan fasilitas toilet yang bersih. Karena, wisatawan yang datang akan nyaman dan bisa betah berlama-lama di NTB jika fasilitas toiletnya bersih dan nyaman,,” tegas Rohmi dalam arahannya.

Wagub mengatakan, event World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022, tidak lain merupakan ajang besar yang tidak bisa dianggap remeh. Mengingat, keduanya merupakan pertaruhan muka provinsi NTB di mata nasional dan dunia.

“Maka, diperlukan kerja cepat yang harus terukur dan terencana dari semua pihak. Di sini, harapan saya pak Kadis yang kini sudah fashion agar lebih trendy dan kreatif dalam memimpin suksesnya kegiatan dua event mendunia itu,” ujar Rohmi.

Wagub tak menampik terkait persiapan menyiapkan fasilitas pendukung MotoGP Mandalika yang menjadi kewajiban daerah, terkendala anggaran. Sebab, jika hanya mengandalkan sumber pendanaan dari APBD provinsi jelas terasa sulit apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan, semua pemda di Indonesia, harus terus melakukan recofusing dan penyesuaian terhadap anggaran belanja daerahnya.

Meski demikian, Rohmi menyakini dengan kemampuan Kadis Perhubungan saat ini, kendala pendanaan akan bisa diselesaikan.

“Intinya, kalau kita duduk bersama-sama dengan guyub dengan semua stake holder guyub. Kok saya yakin kendala itu akan selesai. Jadi, terobosan itu, memang tidak bisa berharap lewat APBD provinsi. Tapi, semua itu harus dijemput. Salah satunya, melalui dana APBN,” kata Wagub.

Terkait transportasi di NTB. Rohmi menugasi pengelola pelabuhan di NTB, yakni trayek Lembar-Padang Bai, dan Kayangan-Poto Tano, agar memastikan semua kapal-kapal yang melayani rute tersebut memiliki toilet yang sesuai standar.

Bagi Wagub, toilet itu tidak harus mahal. Namun yang diperhatikan adalah perawatannya. “Biasanya jika toilet itu bersih dan terawat, masyarakat akan malu. Maka, konsistensi kita membudayakan hidup bersih akan membuat masyarakat kita bisa terbiasa untuk bisa hidup baik dan bersih,” ucap Rohmi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan NTB H. Lalu Muhamad Faozal memastikan, pihaknya siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan event World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022 di Mandalika.

Sebab, dari hasil koordinasi dengan seluruh stake holder Perhubungan, umumnya mereka siap bersama-sama menyukseskan gawe besar itu.

“Kalau untuk angkutan bus, kami sudah menyiapkan sebanyak 25 bus free untuk rute Mandalika yang dibantu oleh pemerintah pusat. Nantinya, operatornya adalah Perum DAMRI dan DPD Organda yang bersinergi bersama-sama. Intinya, angkutan itu sudah kita atur skema trayeknya dari semua rute yang ada. Ini agar tidak ada penumpukan, dan jalurnya pun sudah kita tentukan,” kata Faozal.

Mantan Kadis Pariwisata NTB itu memastikan, sesuai arahan Wagub, pihaknya akan menyiapkan semua moda transportasi yang bersih dan memenui standar.

“Intinya, Bu Wagub, transportasi gemilang sesuai visi Pak Gubernur dan Bu Wagub akan kami pastikan keberadaanya dalam mendukung dan menyukseskan dua event Akbar tersebut,” tandas Faozal. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.