BSK Samawa

Jelang Libur Sekolah, UPTD Dikbud Sikur Imbau Sekolah Tak Adakan Pelesiran

Selong,DS- Menjelang hari kelulusan sekolah tahun 2024, Kepala Unit (Kanit) UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sikur l Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur (Lotim), Karyatul Aini mengimbau sekolah agar tidak mengadakan pelesiran atau rekreasi ke tempat-tempat ekstrem.

Hal ini disebabkan, pada tahun-tahun sebelumnya tercatat banyak kejadian di tempat rekreasi, satu diantaranya adalah kejadian korban tenggelam yang kerap terjadi di sejumlah wisata pantai.

Karena itu, dia mengimbau agar sekolah bisa mengisi momen perpisahan dengan pentas sekolah atau kegiatan sejenisnya yang bisa meningkatkan kreatifitas siswa.

“Kita melarang anak pesiar ke tempat ekstrem, lebih baik pentaskan bakat minat sekolah untuk pengembangannya, jangan membawa anak pesiar,” ucapnya, Jumat (10/5/2024).

Dikatakan, dirinya saat ini hanya bisa mengimbau untuk semua sekolah yang ada di lingkup UPTD Dikbud Sikur mematuhinya. “Kalauoun ini sifatnya hanya imbauan, tapi kita harapkan agar itu bisa di jalankan oleh sekua sekolah,” tegasnya.

Adapun saat ini, jumlah sekolah yang bernaung dibawah UPTD sebanyak 65 sekolah, terdiri dari 5 TK/Paud, 46 SDN, 6 SMPN, dan 8 MTs.

Lebih jauh dijelaskan, imbauan tersebut juga sudah bersama-sama dibahas dengan para orang tua siswa.

Terpisah, Kepala Dinas Dikbud Lotim, Izuddin menyebutkan, selain pelesiran, aksi konvoi dan corat coret menjadi atensi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur (Lotim) menjelang berakhirnya tahun pelajaran 2023-2024.

Dikbud Lotim juga melarang acara perpisahan menjelang berakhirnya tahun pelajaran 2023-2024. Larangan ini berlaku bagi TK/Paud, SD hingga SMP, yang tertuang dalam Surat Keputusan.

“Tidak diperkenankan untuk melaksanakan perpisahan atau wisuda yang mengeluarkan biaya besar apalagi memaksa. Larangan ini sudah kita edarkan dua bulan lalu,” ucap Izuddin.

Meski demikian,dia tidak menampik ada sebagian yang meminta untuk dilaksanakan acara perpisahan. Namun dia menekankan agar para kepala sekolah untuk bersikap tegas tiadakan acara perpisahan. Bagi kepala sekolah yang tetap melaksanakan acara perpisahan akan ditindaklanjuti.

Kepala UPTD Dikbud pun dalam waktu dekat ini akan dikumpulkan.”Dalam waktu dekat, kita akan kumpulkan Kanit-kanit ini. Kepala sekolah yang mengadakan acara perpisahan nantinya, kita panggil juga,”tandas Izuddin.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.