Berbagi Berita Merangkai Cerita

Jangan Takut Memulai Bisnis

0 7

MATARAM, DS – Menjadi sukses tidaklah mudah. Tidak takut mengambil risiko, membangun jaringan dan pantang rendah diri menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan untuk mencapai kesuksesan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani saat menerima kunjungan guru-guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Rabu (25/12) malam.

Menurut Selly, sejatinya untuk memulai sebuah usaha atau bisnis tidak melulu harus mengandalkan modal finansial yang besar. Masalah finansial tidak menjadi hambatan utama untuk memulai usaha.

Kelihatannya mustahil tanpa modal yang cukup seseorang mampu mengembangkan suatu bisnis tertentu. Namun jangan lupa, ada jaringan yang bisa dibangun untuk bisa memulai usaha.

“Misalnya menjual busana muslim. Diantaranya, jilbab dan gamis. Setahu saya, itu pasar menguntungkan dan tidak harus padat modal, karena cukup hanya mengandalkan jaringan di toko besar di Cakranegara. Nanti tinggal kita pasarkan dengan cara mengemasnya dengan baik,” ujar Selly.

Menurut dia, para guru TK Aisiyah bisa melirik peluang bisnis itu. Sebab, peluang pasarnya masih terbuka lebar. Mengingat, mayoritas penduduk di Kota Mataram adalah beragama islam.

“Tinggal kemauan saja untuk memulai usahanya. Mumpung sekarang libur sekolah, peluang ini harus dimulai, sehingga saat puasa dan lebaran akan bisa jalan usahanya dengan peningkatan keuntungan yang bakal meningkat kedepannya,” jelas Hajjah Selly.

Ia menururkan, khusus di OPD yang dipimpinnya ada bantuan permodalan bagi para perempuan yang hendak memulai berbisnis. Namun syaratnya, mereka harus membentuk kelompok usaha bersama.

“Saya siap bantu fasilitasi. Tapi tolong harus serius dan tidak main-main karena memulai usaha itu kuncinya adalah kemauan. Nanti, kami akan siap mendampingi bagaimana caranya agar bisa sukses,” tandasnya. RUL.

Leave A Reply