Berbagi Berita Merangkai Cerita

Jangan Kata-katai Anak dengan Kata Kasar

0 25

KLU,DS-Ketua PKK KLU, Hj.Rohani Najmul Akhyar menegaskan agar jangan mengata-ngatai anak dengan kata kasar seperti “Bengel”. Kenapa? Karena, anak akan tambah bertingkah.

Ketika memberikan materi pada pembekalan kepada 30 fasilitator forum anak yang difasilitasi LPA NTB di di Aula Sekda KLU, Kamis (12/3), Rohani mengemukakan berbagai pola asuh anak yang bisa membawa kebaikan bagi anak dan masyarakat kedepan.

Ia bertutur bahwa pola asuh mesti melatih anak-anak berbuat baik. Pasalnya, anak-anak itu akan menjadi cerminan keluarga. Rohami memberi contoh melatih anak menyuguhkan hidangan bagi tamu keluarga mereka sebagai cara melatih mereka.

“Latarbelakang anak berbeda-beda tergantung lingkungan,” katanya seraya menambahkan pembentukan karakter anak bukan hanya kontribusi orangtua tetapi juga lingkungannya.

Karena itu, agar anak menjadi baik harus dilihat lingkungannya apakah menunjang untuk pendidikan mereka. Sebaliknya jka sudah terlanjur berada dalam lingkungan yang kurang baik, harus ada upaya orangtua yang secara intensif menjadi model terbaik bagi anak-anaknya.

“Orangtua mesti jadi contoh bagi anak anaknya. Namun sering terjadi ibu membeli mangkuk harga sejuta berani tapi untuk pendidikan anak mikir-mikir,” ujarnya.

Sementara itu, Joko Jumadi dari LPA NTB memaparkan berbagai fenomena anak yang memberi dampak langsung kepada dirinya. Sebutlah masih terjadinya perkawinan diusia anak yang berkontribusi pada berbagai fenomena negatif lainnya.

Tidak sedikit diantara mereka yang melakukan perkawinan diusia anak, setelah muncul perceraian, akhirnya terjerumus kedalam berbagai persoalan. Dampak ekonomi yang sulit membawa mereka pada pilihan-pilihan pekerjaan yang pada gilirannya membuat kondisi mereka menurun kepada generasi berikutnya. ian

Leave A Reply