Menu

Mode Gelap

Religi · 2 Mei 2022 17:53 WITA ·

Islamic Center Masih jadi Pesona Pelaksanaan Shalat Ied


					Foto : Jamaah shalat Ied di Masjid Hubbul Wathon Islamic Center. kmf Perbesar

Foto : Jamaah shalat Ied di Masjid Hubbul Wathon Islamic Center. kmf

Mataram, DS-Masjid Hubbul Wathon Islamic Center masih menjadi pesona pelaksanaan shalat Idul Fitri. Pada pelaksanaan shalat Ied 1 Syawal 1443 hijriyah yang berlangsung Senin (02/04), ribuan warga tumpah memadati areal dalam maupun luar ruang masjid terbesar di NTB itu.

Shalat Ied yang diimami qori Ustad H Abdul Hamid dengan khatib Dr KH Subhan Abdullah Achim MA. KH Subhan (wakil ketua MUI NTB), itu hadir bersama jamaah Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah SE, MSc.

Dalam uraiannya, Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Mataram ini mengupas tema “Makna Ramadhan dalam Membangun Jati Diri Gemilang”. sebagai upaya saling menghargai, saling memberi maaf, menjalin silaturahmi dan selalu memperbaiki niat mengharap ridho Allah.

KH Subhan mengatakan, dalam tanggung jawab sebagai anggota keluarga, warga masyarakat dan negara, sikap ini akan mencegah godaan yang datang dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab masing masing.

Setiap individu muslim — seperti disebutkan dalam Surah Al An’am 162 – tertanam bahwa dalam kehidupan hanya mencari ridha Allah, sehingga sholat, ibadah, hidup dan mati, hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam. Niat ini bisa menghadirkan nilai rohaniah sebagai makna kemenangan yang sesungguhnya.

Ia pun mengurai pengaruh hawa nafsu dalam diri manusia seperti dorongan perut, libido dan hawa nafsu yang menyesatkan. Tiga nafsu tersebut telah dikhawatirkan Rasulullah pada ummatnya sejak beberapa abad lampau.

Nilai nilai tersebut menjadi pegangan selama sebelas bulan kedepan pasca Ramadhan agar tak terjerumus dalam kehinaan nafsu. “Pasca ramadhan yang menentukan apakah kita berhasil atau tidak hanya komitmen beramal shaleh sehingga bisa menghadapi semua tantangan. Bersegeralah beramal shaleh sebelum datang fitnah,” ujarnya.

Sebagaimana tradisi masyarakat, selepas shalat Ied, warga melakukan ziarah kubur, silaturrahmi untuk saling memaafkan. ian,jm

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dua Tahun Tanpa Pawai Takbiran, Masyarakat Kota Mataram Meluber GemakanTakbir, Ini Pesan Gubernur NTB

2 Mei 2022 - 00:16 WITA

Ajang MTQ Nasional TNI AD 2022, Duta Kodam Udayana Raih Juara Harapan 1

24 April 2022 - 00:08 WITA

BAZNAS NTB buka Pelayanan Zakat di Ramadhan Festival

18 April 2022 - 18:09 WITA

Jajaran Korem 162/WB Berbagi Takjil selama Ramadhan

17 April 2022 - 18:13 WITA

Gubernur NTB Bikin Kaget AHY dan Masyarakat Kota Bima, Ini yang Terjadi

15 April 2022 - 23:24 WITA

Pangdam V/Brawijaya bersama Bupati Bangkalan Resmikan Masjid Siti Aminah SDIT Mutiara Ilmu Bangkalan

14 April 2022 - 22:46 WITA

Trending di Religi