Berbagi Berita Merangkai Cerita

INTI, JMSI Bersama Walhi dan Duta Lingkungan Bagikan 1.000 Face Shield dan Masker di Pasar Sembalun

15

SEMBALUN – Setelah beberapa waktu lalu membagikan face shield (perisai wajah/tutup muka), masker dan tanam pohon di Pasar Tanjung dan Pelabuhan Bangsal, Kabuaten Lombok Utara (KLU), Minggu (26/07/2020), Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Provinsi NTB dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB kembali melakukan kegiatan serupa.

Kali ini, INTI NTB dan JMSI NTB menggandeng Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) NTB dan Duta Lingkungan NTB membagikan 1.000 face shield dan masker kepada para pedagang di Pasar Tradisional Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Wakil Sekretaris INTI NTB, H Rudi Hidayat mewakili Ketua Perhimpunan INTI NTB, Alwan S Theo mengatakan, bahwa aksi tebar 1.000 face shield dan masker ini merupakan bagian dari program kerja INTI NTB tahun 2020.

Kepada para pedagang di Pasar Sembalun, Rudi Hidayat menyampaikan tentang pentingnya untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19. ‘’Bapak/Ibu tolong agar dalam beraktivitas tetap melaksanakan protokol kesehatan. Gunakan masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Nah, sekaligus ini kami memberikan bantuan face shield dan masker supaya Bapak/Ibu aman dan nyaman ketika beraktivitas,’’ kata Rudi Hidayat.

Eksekutif Daerah WALHI NTB, Dani mengingatkan agar masyarakat, khususnya pedagang yang aktivitasnya kerap kali berada dalam kerumunan, hendaknya jangan lengah dan abai untuk melaksanakan protokol kesehatan. ‘’Wabah ini masih ada dan kita belum tahu kapan virus Corona ini bisa enyah. Maka tetap menjaga kesehatan dan imun tubuh. Mulailah disiplin dan taat melaksanakan protokol kesehatan diawali dari diri sendiri dan keluarga. Setidaknya kita berupaya meminimalisir penularan virus dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,’’ kata Dani.

Dani mengharapkan, dengan dimulainya adaptasi tatanan baru atau New Normal, setidaknya dengan pembagian face shield dan masker ini akan sangat bermanfaat bagi para pedagang di Pasar Sembalun. Terlebih lagi saat ini masih banyak ditemukan para pedagang maupun pembeli yang belum memakai masker maupun face shield.

Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) NTB, KH A Rahman Sembahulun juga mengimbau para pedagang tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, meskipun masyarakat telah dapat beraktivitas dan produktivitas perekonomian mulai berjalan pada masa adaptasi tatanan baru, namun protokol kesehatan harus ditaati.

‘’Alhamdulillah kami menyampaikan apresiasi kepada INTI NTB dan JMSI NTB bersama WALHI NTB dan Duta Lingkungan yang hari ini telah berkenan untuk membagikan face shield dan masker kepada para pegadang di Pasar Sembalun. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para pedagang dalam menjalankan aktivitasnya di pasar. Sehingga transaksi antara pedagang dan pembeli akan merasa aman, nyaman dan sama-sama tenang tanpa rasa kuatir,’’ katanya.

Sementara itu, Sekretaris JMSI NTB, Abdul Rasyid Zaenal didampingi Ketua JMSI NTB, Boy Mashudi menambahkan bahwa pembagian face shield dan masker ini merupakan bentuk soliditas dalam membantu sesama di tengah Pandemi Covid-19. Dalam keadaan bencana seperti ini, menurutnya, memang penting adanya sinergi antara INTI NTB dan JMSI NTB bersama lembaga lainnya untuk bisa bersama-sama meringankan beban masyarakat. ‘’Dengan bantuan face shield dan masker ini, setidaknya para pedagang dan pembeli dalam bertransaksi di pasar bisa merasa nyaman,’’ katanya.(*)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.