Berbagi Berita Merangkai Cerita

Intensitas Hujan Rendah, DBD di Lotim Menurun

12

Foto Budiman Satriadi

SELONG, DS – Pada bulan Maret ini terjadi penurunan kasus Demam Berdarah (DBD) di Lombok Timur. Hal ini tak lepas dari pengaruh intensitas hujan yang mulai berkurang.

Penurunan ini dilihat dari kasus yang terjadi pada bulan Januari dan Februari. Pada bulan Januari ditemukan sebanyak 95 kasus DBD, dan 54 kasus di bulan Februari.

Pada bulan Januari lalu yang kerap terjadi kasus DBD di Lotim adalah Desa Sukaraja. “Kalau bulan Maret ini tersebar di beberapa wilayah, walaupun hanya 1-2 kasus saja,” ucap Kepala Bidang P3KL Dinas Kesehatan Lotim, Budiman Satriadi.

mengatakan, pada bulan Januari terdapat sebanyak 95 kaus DBD di Lotim, kemudian pada bulan Pebruari 54 kasus, sedangkan pada bulan Maret ini terdapat sebanyak 13 kasus.

Pengasapan juga telah dilakukan pada wilayah-wilayah yang kerap dijumpai kasus DBD. Edukasi pencegahan penyebaran DBD serta bahayanya juga rutin dilakukan.

“Termasuk penanganan kasus-kasus yang dideteksi sebagai gejala DBD, untuk pengobatannya di puskesmas,” tuturnya.

Meskipun intensitas hujan mulai menurun, Budiman menghimbau agar masyarakat tetap waspada. Karena masih memungkinkan nyamuk aides aigipty bersarang di tempat-tempat penampungan air yang ada di lingkungan.

“Tempat-tempat penampungan air di rumah seperti kulkas, bak mandi atau lainnya bisa saja jadi tempat sarang nyamuk, dan itu harus kita antisipasi dan dibersihkan,” imbaunya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.