Inflasi NTB di Bawah Nasional

Wahyudin (kanan)

Mataram,DS – Kepala BPS NTB Wahyudin menyampaikan inflasi di Provinsi NTB, terjadi di Kota Mataram dan Kota Bima yang jika digabungkan total inflasi bulanan sebanyak 0,34 persen di bawah inflasi nasional sebesar 0,38 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB menyampaikan rilis terkait inflasi dan NTP Provinsi NTB November 2023, Pariwisata dan Transportasi Provinsi NTB Oktober 2023 dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM 2023) Kabupaten/Kota di Provinsi NTB (1/12/2023).

“Daerah kita baik Kota Mataram atau Kota Bima terjadi inflasi, jika digabungkan sebanyak 0,34 persen, berada di bawah inflasi nasional sebesar 0,38 persen. Jadi kita berada di bawah angka inflasi nasional dari bulan ke bulan,” jelasnya.

Sebanyak 11 kelompok komoditas yang menyebabkan terjadinya inflasi yaitu makanan, minuman dan Tembakau; Pakaian dan Alas Kaki; Perumahan, Air, Listrik dan Bahan Bakar Rumah Tangga; Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rumah Tangga; Kesehatan, Transportasi, Informasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan; Rekreasi, Olahraga dan Budaya; Penyediaan Makanan dan Minuman/Restauran dan Perawatan Pribadi Jasa Lainnya.

“Dari 11 kelompok komoditas angka inflasi tertinggi secara inflasi bulan ke bulan, kita bisa melihat dari sisi Perawatan Pribadi Jasa Lainnya sebesar 0,85 persen. Sementara itu komoditi Pakaian dan Alas Kaki sebanyak 0,72 persen tetapi memiliki andil yang lebih tinggi,” urainya.

Adapun 5 besar komoditas penyumbang inflasi atau deflasi November 2023, pada Kota Mataram yaitu bagian inflasi Cabai Rawit, Bahan Bakar Rumah Tangga, Cabai Merah, Bawang Merah dan Emas Perhiasan. Pada bagian deflasi, yaitu Daging Ayam Ras, Tongkol diawetkan, Beras, Angkutan Udara dan Telur Ayam Ras.

Sedangkan di Kota Bima, bagian inflasi, terdapat Beras, Bahan Bakar Rumah Tangga, Cabai Rawit, Emas Perhiasan dan Tomat. Pada bagian deflasi, yaitu Ikan Bandeng/Ikan Bolu, Bensin, Ikan Kembung/Ikan Gembung, Ikan Layang/Ikan Benggol dan Telur Ayam Ras.kmf

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.