Berbagi Berita Merangkai Cerita

Indonesia Utus Desa Tete Batu Lombok Timur Ikuti Ajang Bergengsi “Best Tourism Village

97

Jumpa Pers terkait ditunjuknya Tete Batu Mewakili Indonesia dalam ajang BTV UNWTO tahun 2021

Selong, DS-Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, NTB, mewakili Indonesia di ajang Best Tourism Village (BTV) yang digelar United Nation World Tourism organization (UNWTO). Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik menyampaikan terima kasihnya kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur atas upaya mempersiapkan berbagai dokumen dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk mengikuti ajang tersebut. Hal itu disampaikan Sekda pada Temu Pers terkait ditunjuknya Tete Batu Mewakili Indonesia dalam ajang BTV UNWTO tahun 2021, yang berlangsung Senin (2/8).

Dijelaskan Juaini, dari 75 ribu desa yang ada di Indonesia, terpilihnya Tete Batu mewakili Indonesia tentunya menjadi kebanggan bagi Lombok Timur. Momentum ini akan membawa pariwisata NTB, khususnya Lombok Timur ke kancah Internasional. Karena itu Sekda berharap dukungan semua pihak, termasuk media Lombok Timur untuk suksesnya Tete Batu di ajang tersebut.

Tokoh pariwisata NTB, Taufan Rahmadi yang juga hadir dalam acara tersebut menambahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menetapkan Tete Batu pada prioritas A. Dijelaskannya sebuah negara memiliki kesempatan untuk mencalonkan sampai dengan tiga desa wisata. Sampai saat ini baru Tete Batu yang sudah ditetapkan sebagai wakil Indonesia, sementara calon lainnya masih dipersiapkan. Diajukannya Tete Batu ini diyakini akan berdampak terhadap desa-desa lainnya di Lombok Timur, termasuk di NTB.

Sementara itu, Ketua  Unsur Penentu Kebijakan BPPD Lotim Muhammad Nursandi menyampaikan pengajuan Tete Batu ini menjadi bagian dari program kerja BPPD Lombok Timur dalam 30 hari pertama periode jabatannya. Upaya ini juga untuk mengejar ketertinggalan pariwisata Lombok Timur yang dinilai mengalami pertumbuhan yang cukup lambat. Ia menyebut masih banyak hal yang harus dipersiapkan sebagai kelengkapan,  sehingga dukungan semua pihak sangat dibutuhkan.

Tete Batu dipilih mengingat keberadaannya sebagai salah satu desa wisata tua yang dikenal luas, bahkan sejak dekade 60-an. Pertumbuhan desa wisata juga berawal dari Tete Batu.

Temu Pers yang berlangsung di Rupatama 1 Kantor Bupati Lotim tersebut dihadiri pula Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur. Pemenang BTV UNWTO 2021 akan diumumkan pada sidang PBB Oktober mendatang.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.