Senin , 19 Agustus 2019
Home / Hukum / TGH Hazmi Desak Kakanwil Kemenag NTB Ganti Pejabat Nakal  
TGH. Hazmi Hamzar.

TGH Hazmi Desak Kakanwil Kemenag NTB Ganti Pejabat Nakal  

MATARAM, DS – Pimpinan Ponpes Maraqittalimat, Lombok Timur, TGH. Hazmi Hamzar meminta Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB, H. Nasruddin agar mulai berani melakukan perbaikan dan perombokan total pada jajaran birokrasi yang dipimpinnya. Menurut Hazmi, umumnya masyarakat khususnya para pengelola madrasah maupun sekolah pendidikan agama di NTB sudah mengetahui sepak terjang ‘permainan’ para pejabat di Kanwil Kemenag NTB selama ini.

Oleh karena itu, adanya kasus OTT kepada oknum pegawai Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Barat terkait pemerasan atau pungutan liar (pungli) dana bantuan rehabilitasi masjid pascagempa itu, diharapkan bisa menjadi pintu masukadanya perbaikan kinerja birokrasi di institusi yang menaungi keagamaan.

“Saya rasa, pilihan Pak Kakanwil Kemenag harus berani membongkar pasang pejabatnya. Jika itu tidak berani dilakukan, yakinlah persoalan hukum akan terus mencoreng institusi keagamaan di NTB tersebut,” ujar Hazmi menjawab wartawan di ruang kerjanya, Kamis (17/1).

Menurut politisi PPP itu, kendati Kakanwil Kemenag sudah berupaya melakukan penataan birokrasi di institusi yang dipimpinnya itu, dari pantauan Hazmi, justru selama ini instruksi Kakanwil itu banyak yang tidak diindahkan jajarannya.

Menurut Hazmi, hal itu dipicu para pejabat struktural, mulai jenjang kepala bidang (Kabid) hingga kepala seksi (Kasi) di Kanwil Kemenag setempat, umumnya merupakan pejabat lama yang sangat paham seluk beluk cara memainkan instruksinya tersebut.

“Ini bukan lagi rahasia umum, masyarakat sudah tahu jika banyak kebijakanKakanwil tidak sejalan dengan Kabidnya. Sangat aneh, Kanwil perintahnya ke timurtapi Kabidnya melakukan instruksi ke barat. Jadi, memang power Kakanwil tidak jalan di level anak buahnya,” ucap Hazmi.

Anggota Komisi II DPRD NTB itu mendukung langkah tegas aparat penegak hukum untuk membongkar kasus OTT pada oknum dan pejabat di Kemenag Lobar itu. Apalagi, pegawai Kemenag Lobar yang bertugas di KUA kecamatan Gunungsari, berinisial BA tersebut merupakan bekas staf di Kanwil Kemenag NTB.

“Bagi kami selaku pengelola sekolah swasta di bawah institusi Kanwil Kemenag NTB bersyukur adanya OTT di Kemenag Lobar itu, karena ini bisa jadi pintu untuk mengungkap siapa pemain dan dalangnya yang membuat rusaknya institusi kementrian agama di NTB selama ini,” tandas Hazmi Hamzar. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Dampak Rekrument GNE Langgar Aturan, Hipmi Minta Gubernur Fokus Buat Regulasi Amankan UMKM NTB

MATARAM, DS – Polemik yang kini terjadi antara DPRD NTB dengan management PT Gerbang NTB …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: