Minggu , 22 September 2019
Home / Hukum / Soal Tewasnya Zainal Abidin Kondusfitas Lotim Harus Dijaga, Rachmat Yakin Polisi Bakal Bekerja Profesional 
H.Rachmat Hidayat

Soal Tewasnya Zainal Abidin Kondusfitas Lotim Harus Dijaga, Rachmat Yakin Polisi Bakal Bekerja Profesional 

MATARAM, DS – Anggota DPR RI dapil NTB H. Rachmat Hidayat angkat bicara terkait tewasnya Zainal Abidin (29) warga Paok Motong, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur, yang diduga tewas setelah diduga berkelahi dengan oknum kepolisian di Satlantas Polres Lombok Timur pada Sabtu (7/9) lalu.

Menurut Rachmat, semua pihak harus mulai menahan diri. Pasalnya, aparat kepolisian melalui Polda NTB telah menyatakan keseriusannya untuk menyelesaikan persoalan itu dengan telah dibentuknya tim investigasi.

“Mari kita saling menghormati antar berbagai pihak. Jangan terus membuat kegaduhan dengan pernyataan yang tidak-tidak. Karena, aparat kepolisian kita telah menunjukkan keseriusannya untuk mengungkap persoalan ini,” ujar Rachmat menjawab wartawan, Selasa (10/9).

Ia menegaskan, kondusifitas wilayah khususnya di Kabupaten Lombok Timur harus tetap dijaga oleh siapapun. Rachmat tidak menghendaki kegaduhan terus muncul lantaran ada perbedaan persepsi yang merujuk praduga yang tidak baik pada institusi kepolisian.

Pihak korban melalui ayah kandungnya telah menandatangi surat perdamaian diatas materai 6.000 agar persoalan itu tidak dibesar-besarkan lagi.”Kan sudah ada surat tidak keberatan dari keluarga, lantas apa lagi yang terus diributkan. Ingat lho, tugas polisi itu menjaga ketertiban dan kenyamanan, serta keamanan kita selama 24 jam. Nah, jika mereka ngambek tidak melakukan kewajibannya, bagaimana kehidupan kemasyarakatan kita kedepannya,” tegas Rachmat.

Ketua DPD PDIP NTB mengaku, telah menghubungi langsung Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana dan Wabup Lotim H. Rumaksi pascakejadian tersebut. Menurut Rachmat, ia telah meminta Kapolda NTB agar bekerja profesional dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Sedangkan, pada Wabup Lotim, ia berpesan untuk tetap pro aktif melakukan sosialisasi pada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang berlebihan serta melawan hukum.

“Bagi saya, karena ada langkah maju dan kepastian dari pak Kapolda yang akan memeroses masalah ini secara hukum. Ya, tugas kita menghormati dan meletakkan posisi hukum menjadi tameng paling tinggi di negara yang berdaulat. Yakni, NKRI itu,” kata Rachmat.

“Sekali lagi, marilah kita menjaga kondusifitas NTB. Saya sebagai warga Lotim punya tanggung jawab ikut mendamaikan dan membantu meredakan situasi saat ini,” sambungnya.

Rachmat menambahkan, semua pihak jangan lagi melakukan upaya-upaya apapun diluar prosedur hukum. Apalagi, sampai menekan-nekan aparat kepolisian. Sebab, kinerja aparat kepolisian yang telah membentuk tim investigasi adalah upaya yang positif untuk mendudukan persoalan tewasnya Zainal Abidin (29) sesuai mekanisme hukum.

“Saya minta siapapun untuk stop membuat kegaduhan dan kekacauan akibat pernyataanya dalam memperuncing situasi keamanan di Lotim. Mari, kita beri kepercayaan penuh pada aparat penegak hukum untuk menyelesaikan masalah ini sesuai tupoksi mereka sambil kita awasi bersama-sama,” tandasnya.

“Insya Allah, Polda NTB dibawah kepemimpinan Irjen Pol Nana Sudjana, yang saya kenal lama akan bisa bekerja profesional dengan mengedepankan sikap kehati-hatiannya,” sambung Rachmat Hidayat. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Ombudsman Dukung Kasus Tewasnya Zaenal Diproses Hukum secara Objektif

MATARAM, DS – Ombudsman Perwakilan NTB meminta kasus tewasnya Zainal Abidin (29) warga Paok Motong, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: