Jumat , 15 November 2019
Home / Hukum / Polda NTB Gelar Operasi Zebra di Wilayah NTB
Jajaran Polda NTB melakukan apel kesiapan Operasi Zebra Gatarin 2019 di Lapangan Gajah Mada Polda NTB

Polda NTB Gelar Operasi Zebra di Wilayah NTB

MATARAM, DS – Direktorat Lalu Lintas Polda NTB menggelar Operasi Zebra Gatarin 2019. Razia kendaraan tersebut mulai digelar serentak pada Rabu (23/10) hingga 5 November di 10 kabupaten di NTB.

Persiapan operasi tersebut ditandai dengan apel gelar pasukan operasi zebra yang dipusatkan di Lapangan Gajah Mada Polda NTB. Polisi dan instansi terkait hadir dalam upacara tersebut.

Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Amin Litarso, mengatakan selain polisi, unsur TNI dan Dinas Perhubungan dilibatkan dalam operasi. “Unsur TNI dan Dinas Perhubungan juga kita libatkan,” ujarnya menjawab wartawan, Rabu (23/10).

Menurut Amin, sebanyak 87 personel diturunkan dalam satgas kali ini. Razia akan dilakukan di wilayah trouble sport atau titik masalah (pelanggaran, kemacetan) dan wilayah yang banyak terjadi pelanggaran lalu lintas. “Utamanya yang kita fokuskan di wilayah perkotaan dan pinggiran yang akan banyak kita sasar,” kata dia.

Amin mengatakan target operasi zebra tahun ini menyasar ke administrasi kendaraan dan pengendara seperti SIM, STNK dan BPKB. “Target lebih ke administrasi kendaraan dan pengemudi, baik STNK, SIM, termasuk pajak,” ungkapnya.

Kendaraan yang telat membayar pajak akan dirazia, sehingga dilibatkan Dinas Perhubungan dalam razia tersebut.“Apabila seseorang tidak membayar pajak sama juga suratnya tidak sah,” jelasnya.

Amin menuturkan, pada bulan lalu juga sempat digelar operasi patuh. Namun sasaran difokuskan pada pelanggaran kasar mata seperti helm, mengemudi ugal-ugalan, main HP saat berkendara dan lainnya. Namun kini dalam operasi zebra sasarannya adalah administrasi kendaraan.

“Kalau kemarin operasi patuh kita fokus pelanggaran kasat mata, untuk zebra satu prioritas yaitu administrasi kendaraan,” tandasnya. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Polda Seriusi Dana Hibah KONI, Delapan Kabupaten/Kota Jadi Prioritas

MATARAM, DS – Aparat Polda NTB sepertinya tidak main-main untuk menindaklanjuti dugaan penyalahgunaan dana hibah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: