Senin , 18 November 2019
Home / Hukum / Lotim Masih Cenderung Dilanda Kebakaran Hutan
Apel Kesiapsiagaan Tim Terpadu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kab. Lombok Timur.

Lotim Masih Cenderung Dilanda Kebakaran Hutan

SELONG,DS- Kebakaran hutan dan lahan sebagai fenomena yang selalu berulang setiap tahun membutuhkan perhatian dan konsistensi semua pihak untuk penanganannya. Jumlah titik api (hotspot) yang fluktuatif menandakan belum konsistennya penanggulangan Karhutla.

Hal itu disampaikan Bupati Lombok Timur dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Lombok Timur Drs. Rohman Farly, MM., pada Apel Kesiapsiagaan Tim Terpadu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kab. Lombok Timur.

Ditegaskannya, Karhutla ini mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Di Kabupaten Lombok Timur per 5 Agustus 2019 Karhutla yang terjadi melanda sejumlah 253,10 Ha dan per 21 Agustus 2019 menjadi 450,45 Ha atau naik sejumlah 197,35 Ha. Dari 21 Kecamatan yang ada, Karhutla ini hampir sebagian besar melanda wilayah utara Lombok Timur seperti Sambelia, Sembalun dan Pringgabaya.

Dijelaskan berbagai langkah antisipasi bencana sudah dilaksanakan melibatkan TNI, Polri, dan jajaran Pemerintahan lainnya termasuk Pemerintah Daerah. Pencegahan menjadi fokus utama dengan pelibatan dan peran serta semua pihak.

Diingatkan untuk menggalakkan kegiatan patroli terpadu dan deteksi dini sebagai sikap bersama. Selain itu kearifan dibutuhkan pula demi menjaga keberlangsungan hidup di bumi ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada generasi berikutnya.
\
Apel yang diikuti berbagai unsur diantaranya Polres Lombok Timur, Kodim 1615/ Lombok Timur, Bakesbangpoldagri dan BPBD Lombok Timur ini dilanjutkan dengan simulasi penanganan Karhutla.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Polda Seriusi Dana Hibah KONI, Delapan Kabupaten/Kota Jadi Prioritas

MATARAM, DS – Aparat Polda NTB sepertinya tidak main-main untuk menindaklanjuti dugaan penyalahgunaan dana hibah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: