Berbagi Berita Merangkai Cerita

HGN, Ketua DPRD NTB Ingatkan Transfer Pengetahuan Berbasis Tut Wuri Handayani

39

FOTO. Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda saat mengucapkan selamat Hari Guru tahu ini. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda, mengatakan guru memiliki peran penting dalam sistem pendidikan di Tanah Air yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.

Selain itu, tugas para guru saat ini, tidak lagi sebatas melakukan transfer knowledge. Namun lebih dari itu. Yakni, mereka harus bisa mentransfer budi pekerti.

“Transfer pekerti yang kita maksudkan adalah tetap berbasis “Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani. Inilah yang dimaksud dengan mengajar dengan hati dan menginspirasi tersebut,” kata Isvie pada wartawan, Kamis (25/11).

Politisi Partai Golkar itu menegaskan, posisi dan peran guru, tidak akan bisa tergantikan oleh teknologi. Hanya saja, Isvie mengingatkan, guru bisa digantikan teknologi, manakala mereka memiliki kinerja kaku dan orang yang sama.

Oleh karena itu, agar bisa menginspirasi pada muridnya, sebaiknya guru juga perlu menciptakan ekosistem sekolah yang menantang dan juga menyenangkan.

“Jadi, masalah utama manusia saat ini adalah ketika mereka memilih untuk tak mau belajar. Maka, kalau kita mau jadi manusia modern, apalagi terdidik maka harus mau belajar,” jelas Isvie Rupaeda.

Adapun tema peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati tahun ini adalah “Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan”. RUL

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.