Berbagi Berita Merangkai Cerita

Hendak Rayakan Lebaran Topat di Lombok, Masyarakat Padati Pelabuhan Poto Tano

371

FOTO. masyarakat tengah antri di Pelabuhan Poto Tano KSB untuk dapat disebrangkan ke Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur agar dapat berlebaran Topat di kampung halamannya di Pulau Lombok. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Lebaran Topat (ketupat) jatuh pada Kamis (20/5). Biasanya, bagi warga Suku Sasak yang berada di Pulau Lombok, akan memanfaatkan momentum Lebaran Topat untuk berziarah ke makam atau berlibur ke pantai bersama keluarga mereka.

Jelang Lebaran Topat ini, terpantau Pelabuhan Poto Tano di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengalami lonjakan volume kendaraan, Rabu (19/5). Rata-rata masyarakat yang akan menyebrang ke Pulau Lombok untuk berlebaran bersama keluarganya.

Akibatnya, Polres Sumbawa Barat turun tangan menertibkan kendaraan guna menghindari kemacetan. Bahkan polisi dibuat kewalahan hingga mendatangkan BKO atau bantuan aparat kepolisian.

“Terjadinya antrean panjang tersebut sehingga dari KP3 Poto Tano meminta bantuan penambahan BKO personil mengingat jumlah personil Polsek kawasan pelabuhan yang terbatas,” kata Paur Subbag Humas Polres Sumbawa Barat, IPDA Eddy Sobandi, Rabu (19/5) melalui telpon selulernya.

Lebaran Topat jatuh setiap satu pekan setelah Idul Fitri. Pergerakan kendaraan di Pelabuhan Poto Tano terus meningkat sejak kemarin hingga saat ini. Bahkan, diprediksi lonjakan penumpang akan terus meningkat.

“Tidak menutup kemungkinan penumpukan serta bertambahnya jumlah volume kendaraan yang akan terus meningkat. Ini terjadi sejak Selasa (18/5) hingga tadi, Rabu (19/5),” jelas Eddy

Pihak kepolisian telah melakukan koordinasi dengan jasa penyeberangan agar melakukan pembatasan jumlah kendaraan serta penumpang yang masuk ke armada Ferry sesuai dengan SOP dan Prokes Covid-19 agar tidak terjadi kerumunan. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.