Berbagi Berita Merangkai Cerita

HBM Salurkan Ratusan Nasi Kotak Korban Banjir di Barat Kubur Sesela

52

FOTO. Kepala Dusun Barat Kubur Taufik (dua kanan) mewakili warga terdampak banjir menerima sumbangan kotak nasi dari HBM. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Ratusan kepala keluarga (KK) warga Dusun Barat Kubur, Desa Sesela, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, terdampak banjir bandang luapan Sungai Meninting memperoleh bantuan nasi kotak sebanyak 150 bungkus, Selasa (7/12).

Adalah, Ketua Gapeksindo NTB H. Bambang Muntonyo (HBM) yang membagikan bantuan nasi kotak ke lokasi pengungsian warga di Masjid Barat Kubur.

Didampingi anaknya, HBM mendatangi satu persatu warga di pengungsian dengan membagikan nasi kotak tersebut.

Menurut dia, total nasi kotak yang dibagikannya hari ini berjumlah 500 bungkus. Namun untuk Dusun Barat Kubur, ia mendistribusikan untuk 150 kepala keluarga. “Untuk sisanya, saya bagikan keliling ke lokasi pengungsian lainnya di wilayah Batulayar dan Gunungsari,” kata HBM pada wartawan.

Ia mendaku, akibat terendam banjir, warga tidak bisa melakukan aktivitas rumah tangga seperti mandi dan memasak. Dalam kondisi ini, warga membutuhkan makanan baik untuk sarapan maupun makan siang.

“Semoga dengan bantuan yang tidak seberapa ini bisa membantu meringankan penderitaan warga yang terdampak banjir di Dusun Barat Kubur,” ucap HBM.

Sementara itu, Kepala Dusun Barat Kubur Taufik mengatakan, jumlah warganya yang terdampak banjir bandang akibat intensitas hujan tinggi sejak Minggu (5/12) dan Senin (6/12) yang memicu air sungai Meninting meluap berjumlah 1.600 jiwa atau setara dengan 500 KK.

Menurut dia, sejauh ini, penanganan pada warga terdampak banjir bandang masih dilakukan seadanya oleh aparat Dusun, RT di wilayahnya.

Di mana, posko pengungsian warga difokuskan di Masjid dan Musholla setempat. “Di dua lokasi ini, warga dan aparat Dusun menyiapkan dapur umum untuk konsumsi warga setiap harinya,” kata Taufik pada wartawan yang ditemui usai serah terima bantuan nasi kotak oleh HBM.

Pihaknya mewakili warga Dusun Barat Kubur mengucapkan terima kasih atas kepedulian HBM dan keluarga yang telah jauh-jauh membagikan nasi kotak pada warganya.

“Insya Allah, makanan ini kita bagikan merata sesuai alokasi warga di dua pengungsian,” ucap Taufik.

Terkait kebutuhan bantuan yang dibutuhan warga terdampak banjir di wilayahnya. Ia mendaku, sejauh ini, yang sangat dibutuhkan warga berupa makanan dan obat-obatan untuk bayi dan balita.

Selain itu, fasilitas air bersih berupa tandon air juga sangat dibutuhkan oleh warganya.

“Yang utama, kami minta air bersih dan aparat TNI untuk turun membantu membersihkan rumah dan perabot warga yang tergenang air banjir. Ini juga untuk pembersihan puing kotoran yang kini mulai menumpuk di areal pemukiman warga,” jelas Taufik.

Dalam kesempatan itu. Ia menyarankan pada Kapolres dan Kapolda NTB untuk memindahkan Posko Brimob yang berada di Pasar Seni Sesela untuk bisa berada di tengah-tengah warga yang terdampak banjir bandang. Hal ini dilakukan agar akses pelayanan warga yang terdampak banjir bisa cepat diakses dengan mudah.

“Ngapain jauh-jauh taruh personil di Posko yang dekat dengan Puskesmas. Yang penting itu adalah posko itu didalam perkampungan warga, sehingga kesehatan warga bisa cepat dipantau setiap jamnya,” tandas Taufik. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.