Berbagi Berita Merangkai Cerita

HASIL PENILAIAN BPKP PROVINSI NTB: LOTIM LEVEL 3

0 18

SELONG, DS- BPKP Perwakilan Provinsi NTB menyampaikan hasil Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pengendalian Manajemen Risiko pada pemeritah daerah sesuai RPJMN 2020-2024 di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan berlangsung Rabu (18/12) di Rupatama I Lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur, dibuka Inspektur Inspektorat Kabupaten Lombok Timur M. Khairi. S.IP. M.Si.

Pemaparan Koordinator Pengawasan Bidang Ankuntabilitas Pemerintah Daerah Perwakilan BPKP Provinsi NTB, Edi Sunardi, AK. M.Ak, CA, CRMP, menyebutkan berdasarkan hasil penilaian BPKP perwakilan NTB, Lombok Timur berada pada level 3 dengan 5 unsur penilaian dan 25 sub unsur. Di antaranya adalah pada sub unsur komitmen terhadap kompetensi. Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dinilai telah berkomitmen untuk menempatkan pegawai yang tepat dalam jabatan yang tepat sesuai kompetensi yang dipersyaratkan dalam jabatan tersebut. Hal ini tercermin dalam proses seleksi terbuka JPTP Tahun 2018 yang telah sesuai dengan Permenpan No. 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian JPTP dan Dokumen Anjab dan ABK Kabupaten Lombok Timur.

Contoh lainnya adalah pada sub unsur perwujudan peran APIP yang efektif. Hasilnya telah ada satuan pengawasan intern (inspektorat) yang memiliki piagam audit yang menyatakan visi, misi, tujuan, wewenang, tanggung jawab kegiatan audit intern dan ruang lingkup audit intern, dengan struktur organisasi yang memungkinkan dapat menjalankan tugasnya secara independen. Implementasi tupoksi telah dijalankan dengan mendasarkan pada SOP, perencanaan dan pelaksanaan audit berbasis risiko, yang menghasilkan laporan hasil audit dengan saran/rekomendasi di dalamnya. TL dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Pemerintah Lombok Timur berdasarkan penilaian tersebut menunjukkan tingkat kematangan semakin tinggi.

Akan tetapi diingatkannya agar hasil yang terus mengalami peningkatan ini tidak mendatangkan kepuasan bahkan euphoria, terlebih jika korupsi masih terjadi. Terlebih umumnya Kabupaten/ Kota lainnya di NTB juga menunjukkan kemajuan yang sama.hm

Leave A Reply