Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 6 Agu 2022 16:23 WITA ·

Harus Ada Keberanian Mulai Mengolah Bahan Mentah


					Roadshow Tematik dengan tema Perbesar

Roadshow Tematik dengan tema "Inovasi Halal dan Baik dalam Mendukung Percepatan Pembentukan Ekosistem Industri Halal.kmf

Maaram,DS-Dalam roadshow industrialiasasi di Kabupaten Sumbawa, Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah mengajak Pemerintah Daerah untuk mengelola bahan mentah atau bahan baku dari sumber daya alam yang tersedia agar memiliki nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita harus punya keberanian untuk mengolah sumber daya alam kita, seperti hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan potensi alam lainnya,”kata Bang Zul, panggilan populer Gubernur NTB, saat menghadiri dan menjadi narasumber pada kegiatan Roadshow Tematik dengan tema “Inovasi Halal dan Baik dalam Mendukung Percepatan Pembentukan Ekosistem Industri Halal, Jum’at (5/8/2022) di kantor Bupati Sumbawa.

Didepan Guru Besar Unibraw Malang dan Kementerian Perindustrian, Gubernur NTB mengatakan bahwa kalau tidak dimulai, akan hanya sekedar retorika tanpa ada hasil apapun. Oleh karena itu industrialisasi ini merupakan kebutuhan.

“Sampai sekarang, pabrik pengolahan ikan yang mangkrak di teluk Santong, tidak kita selesaikan. Padahal itu konsep Industrialiaasi paling nyata, pada sektor pengolahan ikan,”sebut Doktor Zul didampingi Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Kalau dikelola dengan baik, maka akan memantik industrialisasi turunan disekitarnya. Masyarakat juga akan merasakan manfaat demi mewujudkan kesejahteraannya.

Lebih lanjut jelas Gubernur, adanya perusaan besar seperti PT. Aman Mineral menjadi core industrinya. Oleh sebab itu, harus segera digesa untuk membicarakan kerjasama dalam penguatan industri UMKM.

Sehingga, Pemda sudah mulai memikirkan untuk upgrading kapacity SDM di daerah. Menyiapkan tenaga kerja baik yang akan terlibat langsung maupun yang memperoleh penguatan seperti pelaku usaha

“Perusahasn besar juga bukan hanya sekedar cari uang tapi membangun relasi yang konstruksi dengan lingkungan itu jauh lebih penting,”terangnya didepan pimpinan PT. AMAN.

Sementara itu, Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah, menyampaikan apresiasi atas sinergi dan kolaborasi Pemprov. NTB untuk ikut membangun daerah.

“Terutama mensukseskan program industrialisasi. Mengolah bahan mentah agar memiliki nilai tambah,”ucapnya.

Turut mendampingi Gubernur, Kadis Perindustrian, Kadis Perdagangan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Koperasi UKM, Kadis Pertanian, Kadis LHK, Kadis Pariwisata, Kadis Peternakan, Kadis Dikbud, Kadis Kesehatan, Kadis PMPD, Kadis Kominfo dan Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB. Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa, Sekda Sumbawa, Kapolres, Dandim, Kejari, kepala OPD se Sumbawa, pimpinan PT. Aman Mineral, Tokoh Agama, masyarakat dan pelaku UMKM se Kabupaten Sumbawa. kmf

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

10 Ribu Petani Tembakau Dibagikan Jamsos, Begini Kata Gubernur NTB

3 Oktober 2022 - 19:22 WITA

Laju Kenakan Inflasi Dominan Dipengaruhi Angkutan Udara

1 Oktober 2022 - 12:27 WITA

Investor Malaysia Ekspor Hasil Budidaya Udang dari Sumbawa

1 Oktober 2022 - 12:18 WITA

Satresnarkoba Polresta Mataram Blusukan Bagikan Bansos

30 September 2022 - 15:10 WITA

Bazar Pangan Murah Sambut Maulid Nabi

30 September 2022 - 14:56 WITA

Disperindag NTB Komit Beri Layanan Informasi Publik Bidang Perdagangan

29 September 2022 - 12:52 WITA

Trending di Ekonomi