Menu

Mode Gelap

Politik · 1 Jun 2022 16:09 WITA ·

Hari Lahir Pancasila, PDIP NTB Gaungkan Tanam Pohon Produktif di Tempat Ibadah


					FOTO. Ketua DPD PDIP NTB H. Rachmat Hidayat (tiga kiri) saat membagikan ratusan pohon ke Wakil Ketua DPD PDIP NTB Raden Nuna Abriadi untuk dibagikan pada warga KLU usai upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila di kantor DPD PDIP setempat. (FOTO. RUL/DS). Perbesar

FOTO. Ketua DPD PDIP NTB H. Rachmat Hidayat (tiga kiri) saat membagikan ratusan pohon ke Wakil Ketua DPD PDIP NTB Raden Nuna Abriadi untuk dibagikan pada warga KLU usai upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila di kantor DPD PDIP setempat. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi NTB menggelar upacara bendera di kantor DPD setempat, di Lingkar Selatan, Kota Mataram, Rabu (1/6).

Upacara tersebut diikuti oleh struktur partai mulai dari DPC, PAC, Satgas, Biro, Taruna Merah Putih dan juga seluruh anggota Fraksi PDIP, baik Provinsi hingga kabupaten/kota se-Pulau Lombok dan Sumbawa. Selain itu, ada juga sejumlah santri pondok pesantren.

“Total peserta upacara sekitar 1.400 orang,” kata Raden Nuna Abriadi, salah satu panita pelaksana Upacara

Dalam upacara itu, sebagai inspektur upacara yakni, Wakil Ketua DPD PDIP NTB, Raden Nuna Abriadi. Sedangkan, Ketua DPD PDI Perjuangan NTB H. Rachmat Hidayat yang juga Anggota DPR RI dapil NTB-2 (Pulau Lombok) menyampaikan arahan di sela-sela upacara tersebut.

Menariknya, sebanyak 1.000 pohon produktif dibagikan Rachmat pada lima DPC di Pulau Lombok. Yakni, Kota Mataram, Lombok Tengah (Loteng), Kabupaten Lombok Utara (KLU), Lombok Timur (Lotim) dan Lombok Barat (Lobar).

Dalam arahannya, H. Rachmat Hidayat, menegaskan, 1 Juni merupakan hari bersejarah tentang lahirnya Pancasila, peringatan terhadap hari besar itu dimaksudkan agar masyarakat mampu memahami ideologi bangsa yang merupakan akar kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Selain itu, dalam mengimplementasikan nilai Pancasila tidak hanya dengan menghafal lima butir Pancasila, tapi bagaimana mengamalkan setiap nilai Pancasila yang terkandung dalam setiap butir.

“Memaknai Pancasila tidak hanya dengan menghafal lima butir, tapi bagaimana mengamalkan. Menjaga persatuan dan tidak terpecah belah adalah bagian mengamalkan Pancasila,” tegas dia.

Rachmat mendaku, dalam rangka Hari Pancasila sekaligus Bulan Bung Karno ini, PDIP NTB akan membagikan seribu bibit pohon manggis untuk ditanam di setiap tempat ibadah di Pulau Lombok.

“Ada seribu bibit buah manggis yang akan kita bagi masing-masing cabang dan kita tanamkan di tempat-tempat ibadah. Ini salah satu cara implementasi Pancasila,” ujarnya.

Membagikan pohon buah, kata Rachmat Hidayat sebagai bentuk mengamalkan nilai Pancasila dan menjaga hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan.

“Masing-masing cabang (PDIP) kita bagikan 200 pohon. Ini untuk rumah ibadah, untuk menjaga hubungan manusia dengan manusia dan juga hubungan manusia dengan Tuhan,” ungkapnya.

Sebanyak lima truk mengangkut bibit pohon buah manggis untuk lima kabupaten dan kota di Lombok. Masing-masing truk berisi 200 bibit buah untuk ditanam di rumah ibadah di Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Kota Mataram.

Penyerahan bibit buah manggis ini secara simbolis diterima oleh masing-masing DPC PDIP se-Pulau Lombok.

Dalam kesempatan itu. Rachmat menjelaskan, jika buah manggis memiliki filosofis. Buah tersebut dianggap sebagai buah kejujuran. Karena, pada kulit manggis terdiri dari beberapa garis yang sesuai dengan jumlah isi pada manggis tersebut.

“Manggis merupakan buah kejujuran, karena jumlah garis pada kulit manggis, sesuai dengan jumlah isinya,” ucap dia.

Bagian bawah kulit manggis yang menyerupai kelopak bunga mewakili jumlah isi manggis. Selain itu manggis adalah buah asli Indonesia yang sejarahnya berasal dari Indonesia.

Tak hanya itu, lanjut Rachmat, hampir semua bagian pada buah manggis memiliki manfaat. Selain isi, kulit dan biji juga digunakan untuk produk makanan, obat-obatan, kosmetik, jus, sirup atau bahkan bisa direbus dan airnya diminum untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Mataram, I Gede Wiska, mengatakan akan membagikan bibit tersebut ke masing-masing tempat ibadah, mulai dari masjid, pura, gereja dan wihara.

“Kota Mataram rencananya kita bagikan masing-masing PAC nanti ditentukan tempat ada masjid, pesantren, gereja, wihara. Kita berikan pemupukan untuk disiram,” kata Anggota DPRD Kota Mataram ini.

Senada Wiska, Ketua DPC PDIP Lombok Tengah, Suhaimi, mengatakan manggis merupakan pohon yang produktif. Sehingga sangat tepat untuk ditanam.

“Sebagai bentuk implementasi Pancasila kita akan membagikan dan menanamkan bibit pohon buah yang produktif dan bermanfaat buahnya. Hari ini manggis, ada sawo nanti, duren, mangga,” tandas Anggota DPRD Loteng ini. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Civitas Akademika Unhas Sebut TGB Layak jadi RI 1 atau RI 2

11 Juni 2022 - 18:05 WITA

Surat PAW Wakil Ketua DPRD Belum ke Mendagri, Gerindra NTB Pertanyakan Sikap Gubernur

10 Juni 2022 - 17:50 WITA

Selamat Hari Pancasila

1 Juni 2022 - 16:11 WITA

Zakiy : “Ungkapan Pak SBY Sometime We Win, Sometime We Learn jadi Spirit Bangun Kebersamaan Kader Demokrat Mataram

27 Mei 2022 - 16:10 WITA

Daftar Ketua Demokrat Mataram, Imam “Gas Poll” Diantar Zaini dan Ustad Ahda

23 Mei 2022 - 17:42 WITA

Jelang Pilkada Serentak 2024, M16 Prediksi Golkar, Gerindra dan PDIP NTB Sulit berpisah Jalan

21 Mei 2022 - 16:59 WITA

Trending di Politik