Berbagi Berita Merangkai Cerita

HARI JADI ke-125, PEMDA TANDATANGANI SEJUMLAH MoU

13

SELONG, DS-Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur pada usia ke-125 tahun menandatangani sejumlah nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa pihak. Satu di antaranya adalah MoU dengan universitas yang ada di daerah ini. Penandatanganan ini merupakan bagian dari ikhtiar Pemda Lombok Timur untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dalam sambutannya pada acara tasyukuran peringatan HUT ke-75 RI dan Hari jadi ke-125 Lombok Timur pada Senin (31//08).

Pada tasyukuran yang dilangsungkan secara sederhana di Pendopo Bupati Lotim tersebut ditandatangani pula MoU dengan pengelola sampah organik. Bupati menjelaskan pengelolaan sampah tersebut selain mewujudkan zero waste juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pengelolaan sampah.  

Menurut Bupati potensi sampah Lombok Timur belum dikelola secara maksimal. Karenanya Pemda menggandeng pihak luar agar sampah ini tidak lagi menjadi persoalan, melainkan memberikan solusi bagi persoalan lain. Ditambahkan Bupati Pemda Lotim akan membangun dua unit Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang diharapkan dapat mengurangi beban TPA Ijobalit dan volume sampah yang bermuara di sungai atau laut.

Dijelaskan Bupati peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi fokus, selain infrastuktur, pada tahun anggaran 2020 ini. Pemda terus berupaya untuk mendorong peningkatan kualitas SDM, melalui peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Misalnya saja dengan meminimalisasi kasus stunting dan gizi buruk

yang ditangani melalui komitmen setiap OPD dalam pembinaan yang dilakukan. Pemda juga mengapresiasi berbagai prestasi yang telah berhasil diraih generasi muda daerah ini, mendukungnya baik secara moril maupun materil.

            Pada penghujung sambutannya Bupati Sukiman menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Lombok Timur atas peran dan partisipasinya, “Sekecil apa pun sumbangsih kita akan sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan Lombok Timur,” ungkapnya. Bupati menyebut melaksanakan 4M sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 juga adalah salah satunya.  Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat Lombok Timur untuk maju bersama, “Mari kita wujudkan Lombok Timur yang tangguh, mari kita maju bersama. 125 tahun Lombok Timur, Tangguh, Maju Bersama,” tutupnya.

            Peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI dan Hari Jadi ke-125 Kabupaten Lombok Timur dimeriahkan sejumlah kegiatan, seperti Sembalun XC Fun Race dengan MTB XC dan Trail Run yang dirangkai Bakti Sosial Peduli Covid-19. Bakti Sosial ini membagikan 125 paket bantuan bagi warga Sembalun.  hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.