Hari Ibu dan Pentingnya Pengakuan Eksistensi Perempuan

Bunda Lale pada Peringatan Hari Ibu.kmf

Mataram, DS – Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Peringatan Hari Ibu akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa. Kehadiran perempuan dalam memajukan kehidupan bangsa adalah keniscayaan,” ungkap Penjabat Ketua TP – PKK Provinsi NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi pada Peringatan Hari Ibu ke – 95 tahun 2023 Provinsi NTB yang bertajuk “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” berlangsung di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, Selasa (19/12).

Perempuan di Indonesia telah mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sosial-budaya. Mereka adalah pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan.

Perempuan bukan hanya penerima manfaat pembangunan, tetapi juga agen perubahan yang aktif. Perempuan Indonesia telah menjadi penggerak dalam mendorong inovasi, keadilan sosial, dan kesetaraan gender. Perempuan Indonesia adalah perempuan-perempuan tangguh dan berdaya yang mampu mewarnai segala proses memajukan bangsa mewujudkan kesejahteraan.

Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 Tahun 2023 ini mempunyai 4 (empat) catatan penting, yaitu:

  1. Hari Ibu bagi bangsa Indonesia berbeda dengan Hari Ibu di negara lain karena identik dengan tonggak gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa.

  2. Dalam mewujudkan pembangunan yang berkesetaraan dan berkeadilan gender, PHI ke-95 Tahun 2023 ingin menunjukkan catatan-catatan emas kontribusi perempuan Indonesia disetiap aspek pembangunan dalam memajukan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

  3. Fakta menunjukkan bahwa perempuan telah terbukti menjadi motor penggerak keberhasilan pembangunan saat ini dan mendatang. Oleh karenanya, Perayaan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 harus mampu menginspirasi perempuan untuk terus mencintai dirinya dan mengembangkan daya cipta dan kreativitas tanpa batas untuk membangun negeri sekaligus semakin menggelorakan semangat dan daya juang membangun Indonesia yang lebih adil dan sejahtera menuju Indonesia Emas 2045.

  4. PHI ke-95 Tahun 2023 akan bersamaan dengan periode politik persiapan Pemilu 2024. Hal ini tentu saja akan menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan wawasan, kesadaran, dan sikap positif perempuan Indonesia tentang peran strategis perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024.*

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.