Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 9 Sep 2022 06:45 WITA ·

Hari Aksara Internasional, Ali BD Nilai Penelitian Mahasiswa Dulu Lebih Mendalam


					DR.H.Moch.Ali Bin Dachlan. ian Perbesar

DR.H.Moch.Ali Bin Dachlan. ian

Selong,DS-Era digital dengan akses kecepatan didalamnya memberi dampak kecilnya minat baca masyarakat. Bahkan di kalangan mahasiswa, minat baca itu berekses pula pada kebiasaan menulis dan cara berfikir.

Rektor Universitas Gunung Rinjani, DR. H. Moch. Ali Bin Dachlan, memaparkan rendahnya minat baca nampak dari perpustakaan UGR yang minim pengunjung, yakni hanya 3 – 4 pengunjung sehari.

Ia tidak meyakini mereka yang tidak membaca buku biasa mengakses bacaan melalui online secara sempurna. Disisi lain, penelitian yang dilakukan selama ini pun cenderung mengambil isu-isu ringan. Bahkan tidak jarang berawal dari tontonan di yutube.

“Penelitian sarjana dulu lebih mendalam,” ujarnya seraya mengaku heran dengan mahasiswa yang kadang mengambil penelitian dari bahan tertulis.

“Ada yang ambil di yutube. Itu contoh. Saya curiga ilmu pengetahuan mahasiswa. Kehendak membaca sangat tipis. Nanti ada profesor doktor yutube, ” lanjutnya.

Menurut mantan Bupati Lombok Timur ini, terdapat kecenderungan sekarang masyarakat termasuk mahasiswa tak mau dengan gagasan berat. Hal ini menunjukkan adanya perubahan serius di bidang keilmuwan.

“Ada yang membaca tapi tak seluruhnya. dia baca judul dan alenia pertama. Dia sudah beri komentar,” cetus Ali mencontobkan komentar-komentar netizen pada tulisannya di media sosial.

Ali menilai perbedaan itu cukup mencolok dibandingkan dengan generasi masa lalu. Dahulu mahasiswa menulis dengan isu yang cukup berat dan proses yang panjang. Sebaliknya dengan berbagai kemudahan saat ini, kata dia, terjadi kecenderungan yang berbeda. Ian

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kata Wagub NTB, Ponpes Harus Melek Teknologi dan Ikut Perkembangan Zaman

6 Oktober 2022 - 16:54 WITA

Seru, Kuliah Umum Mahasiswa FH UGR

5 Oktober 2022 - 19:38 WITA

Niken Harap Penyelenggaraan PAUD yang Holistik

5 Oktober 2022 - 17:46 WITA

Enam Lterasi Dasar yang Harus Diterapkan untuk Anak

25 September 2022 - 09:35 WITA

Pemprov NTB Siap Jalin Kerjasama dengan UPN Veteran Jakarta

16 September 2022 - 07:47 WITA

Ini Kata Gubernur pada Kuliah Umum Doktor Hasto Kristiyanto

16 September 2022 - 07:43 WITA

Trending di Pendidikan