BSK Samawa

Harapan Kemajuan Sepakbola Indonesia, Iskandar Sebut Iwan Bule Tepat Pilih Shin Tae Yong

FOTO. Iskandar. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Pelatih PS Mataram U-17, Iskandar menilai, kepengurusan PSSI dibawah Ketua Umum Mochamad Iriawan sangat tepat untuk terus mempertahankan pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae Yong. Sebab, mantan pelatih Timnas Korea Selatan (Korsel) itu merupakan sosok yang mampu mengubah karakter pemain Indonesia.

“Dengan kekerasan Coach Shin Tae Yong yang disiplin dan keras kepala. Saya kira ini, tepat untuk merubah mental dan karakter pemain Indonesia. Buktinya, kelihatan pada gelaran Piala AFF di Singapura yang kini masih berjalan,,” kata Iskandar, Rabu (29/12).

Menurut Iskandar, dengan tipikal Ketua Umum PSSI yang berlatar belakang jendral polisi. Di mana, disiplin dan terbuka dalam pengelolaan organisasinya. Tentunya, sosok pelatih yang tepat untuk mendampinginya, adalah yang punya karakter pekerja keras dan profesional.

“Jika duet Ketua Umum Mochamad Iriawan dan Shin Tae Yong terus ada di persepakbolaan Indonesia, saya menyakini kualitas skuad Garuda, akan terus menanjak. Memang prestasi butuh proses, dan Pak Iwan Bule sadar ituu. Makanya, menunjuk Shin Tae Yong yang suka dengan pemain muda, maka prestasi itu tinggal menunggu waktu saja,” jelas dia.

Hal serupa dilontarkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. Menurut dia, pelatih 50 tahun itu, bersama tim kepelatihan asal Korea Selatan lainnya bisa membagi waktu mengurus Timnas Indonesia U-19 dengan apik. Terutama saat memberikan program latihan yang pas buat David Maulana dkk.

Begitu juga menyoal pemilihan pemain yang akan dipanggil, dipulangkan atau dimainkan saat pertandingan. Iwan Bule mengatakan Shin Tae Yong sama sekali tidak bisa diintervensi siapapun soal hal tersebut.

“Dia betul-betul tegas, seperti dalam pencoretan pemain, kami tidak ikut campur. Juga masalah siapa pemain yang akan bermain dan siapa yang tidak. Itu urusan Shin Tae Yong.”

“Dia tidak bisa diintervensi, dan saya senang sehingga tidak ada pemain titipan. Tapi sampai sekarang clear dan itulah senangnya saya sama Shin Tae Yong. Tidak ada urusan kanan-kiri, dia urus pemain dan urusan pemain itu urusan dia,” jelasnya.

Iwan Bule pun berharap kehadiran Shin Tae Yong bisa memberikan dampak positif buat pelatih-pelatih lokal. Terutama dari aspek peningkatan performa, disiplin, dan mental pemain.

“Ambil yang baik dari Shin Tae Yong, yang kira-kira kurang baik dibuang. Tapi yang saya lihat yang bersangkutan profesional dalam menganalisa meningkatkan performance, disiplin, mental dan makanya kami sampaikan ke Indra Sjafri sebagai Direktur Teknik yang mengawal ini. Catat yang bagus-bagusnya dia sehingga nanti kita bisa berikan ke pelatih kita yang bagus-bagus juga,” ungkap Iwan Bule.

Masa kontrak Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia berlaku hingga 2023 sejak diperkenalkan 2019 lalu, menggantikan posisi pelatih asal Skotlandia Simon McMenemy.

Shin semula dikontrak untuk melatih timnas dalam menghadapi Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di Indonesia tahun ini, namun harus ditunda hingga 2023.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali sendiri memastikan Indonesia tetap butuh sosok Shin Tae-yong untuk melatih timnas (dalam hal ini Timnas Indonesia U-20) menghadapi Piala Dunia U-20 2023 mendatang, terlepas hasil yang diraih skuad timnas senior pada final Piala AFF 2020 nanti.

“Jadi kita menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 tahun 2023, maka kita tetap butuh pelatih. Dan, Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih untuk tim U-20 yang akan bertanding ajang itu. Shin Tae-yong aman. Saya menjamin itu!” tegas Zainudin di laman resmi Kemenpora. RUL.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.