Berbagi Berita Merangkai Cerita

Hamil, Murniati Gagal Berangkat Haji ke Mekkah

0 25

MATARAM, DS –  Satu orang calon jamaah haji (CJH) kloter pertama Embarkasi Lombok asal Kabupaten Lombok Tengah, NTB, gagal berangkat pada Selasa (17/7) malam.   CJH bernama Murniati (30) asal Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur itu diketahui dalam kondisi hamil.

“Dari total sebanyak 455 CJH dari kloter pertama asal Kabupaten Lombok Tengah, terdapat satu orang yang gagal berangkat, karena masih hamil muda,” ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB, H Nasrudin, menjawab wartawan, Rabu (18/7).

Menurut rencana, Murniati akan berangkat bersama dengan suaminya ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Namun lantaran adanya keputusan pemerintah melalui surat keputusan bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Kesehatan, terkait larangan bagi jemaah haji perempuan yang hamil di bawah usia 6 minggu dan di atas 24 minggu itu tidak boleh berangkat, pihaknya tidak mau mengambil resiko.

“Meski sang istri gagal berangkat, suaminya tetap jadi berangkat ke Tanah Suci Mekkah dan nama istri langsung diganti dengan jemaah lain asal Kabupaten Lombok Tengah,” tegas Nasrudin.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Haji Kanwil Kementerian Agama NTB, H Sirajudin, membenarkan adanya satu orang CJH kloter pertama yang gagal berangkat lantaran tengah hamil muda.

“Sesuai hasil USG yang bersangkutan sedang hamil 4 minggu. Sehingga, tidak mungkin untuk diberangkatkan karena dikhawatirkan membahayakan ibu dan janin,” ucapnya.

Sirajudin mengatkan keputusan tersebut diatur berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Kesehatan. “Jadi usia kandungan 6 minggu atau kurang, dan 24 minggu atau lebih memang tidak dibolehkan. Karena usia kandungannya masih lemah,” katanya.

Untuk diketahui jumlah jemaah haji kloter pertama sebanyak 455 orang, terdiri dari 450 jemaah haji dan 5 orang petugas haji dengan total seluruh jemaah haji asal NTB sebanyak 4.564 orang terbagi dalam 11 kloter dan dua gelombang pemberangkatan.

Sedangkan, pemberangkatan CJH kloter pertama diberangkatkan ke Arab Saudi tepat sekitar pukul 20.00 WITA dari Bandara Internasional Lombok pada Selasa (17/7).

Para CJH kloter pertama sudah tiba dan menginap di Asrama Haji NTB di Jalan Lingkar Selatan, Mataram, sejak Senin (16/7). “Selama di asrama, para calon jamaah haji menjalani pemeriksaan kesehatan hingga rekam biometrik,” tandas Sirajudin. RUL.