Berbagi Berita Merangkai Cerita

Hadiri Harlah NU, Wabup Paparkan Ancaman Kekeringan di Wilayah Selatan Lotim

0 4

Selong, DS-Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj. menghadiri Tabligh Akbar Peringatan Harlah NU ke-94 di Kabupaten Lombok Timur yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Quran Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan kawasan selatan Lombok Timur dikaruniai alam yang memiliki potensi besar. Laut dengan pantai dan ombaknya yang menawan adalah potensi wilayah selatan yang jika dikelola dengan baik akan mendatangkan kesejahteraan bagi warganya. Namun di sisi lain, ungkap Wabup, Wilayah Selatan juga harus berhadapan dengan ancaman kekeringan, kekurangan air bersih, terlebih di musim kemarau.

Hal ini mendapat perhatian serius Pemerintah dengan mencari sumber-sumber air potensial dan teknologi yang dapat mengurangi beban masyarakat wilayah selatan terkait persoalan air ini.

Pada kesempatan tersebut Wabup juga menyampaikan berbagai upaya Pemda Lotim  menurunkan angka kemiskinan seperti bantuan bagi usaha ternak sapi yaitu melalui subsidi premi asuransi ternak yang telah berjalan sejak 2019 lalu. Mengukur angka kemiskinan di daerah ini secara riil, Pemda juga melakukan labelisasi pada rumah yang dikategorikan miskin. Labelisasi ini diharapkan agar bantuan Pemerintah lebih tepat sasaran.

Wabup juga menyampaikan harapannya agar Ketua umum PB NU dapat memberikan petuah dan arahan untuk membangun Lotim.

Ketum PB NU Prof. Dr. KH. Sa’id Aqil Sirodj,  MA menyampaikan untuk menjawab persoalan kehidupan masyarakat hendaknya berpedoman pada Al Qur’an,  Hadist, dan petunjuk Ulama.

Harlah NU ke-94 mengambil tema “Kemandirian Umat”. Melalui tema ini diharapkan ke depan NU dapat memberikan kontribusi lebih dalam mendoroang kemandirian, termasuk kemandirian ekonomi umat.hm

Leave A Reply