Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Gubernur Dr. Zul: Tugas yang Ditunaikan dengan Hati, akan Lahirkan Kebahagian

8

MATARAM,DS-Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah mengajak seluruh jajarannya dan ASN di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPTSP) NTB untuk menanamkan rasa cinta pada tugas yang diemban. Sebab tugas yang ditunaikan dengan hati dan penuh cinta, maka akan menumbuhkan rasa senang atau bahagia. Bagi Bang Zul, pelayanan dengan hati serta inovasi sesuai tuntutan perkembangan zaman dimulai dari karyawan yang bahagia.

“Menjadi bahagia rasanya kian mahal di zaman sekarang ini. Melayani dengan hati bahagia akan membuahkan hasil berbeda. Begitu juga inovasi, datang dari lingkungan kerja yang membahagiakan”, ucap Gubernur Bang Zul saat memberikan pengarahan dalam kunjungan di kedua OPD tersebut, Kamis (09/07).

Menurut Gubernur, diera kemajuan teknologi saat ini, inovasi pelayanan perlu terus dikembangkan. Selain kepustakaan dan kearsipan digital, Gubernur menginginkan adanya pustaka multimedia dalam bentuk gambar dan suara.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Dr.H. Manggaukang Rabah mengungkapkan bahwa saat ini di insitusi yang dipimpimnya telah memiliki 300 ribu koleksi buku dan literatur serta ratusan judul buku lokal. Seluruhnya didigitalisasi dalam aplikasi pencarian bernama OPAC (Online Public Access Catalog) yang memudahkan pencarian judul buku di rak penyimpanan, terangnya.

Kedepan kata Mantan Karo Ekonomi itu, aplikasi OPAC ini akan dikembangkan pula dalam platform Android dan terintegrasi dengan perpustakaan kabupaten/ kota.
“Ada pula pemindai (scanner) halaman buatan sendiri dan pelayanan kartu anggota perpustakaan digital yang tercetak dalam hitungan menit,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Gubernur menyarankan seluruh karyawan DPMPTSP melayani dengan sentuhan humanis. Mulai dari menjemput calon investor atau tamu yang berkunjung ke NTB sampai memberikan perlakuan yang membuat tamu merasa instimewa. Dengan begitu, penilaian bisa saja berubah karena pelayanan dari hati.

“Investor biasanya melakukan investigasi kelayakan normatif. Tapi kalau diperlakukan istimewa bisa saja ukuran lain menjadi tidak penting. Tapi itu semua harus dilakukan dengan bahagia karena lingkungan kerja yang membahagiakan”, terang Gubenur.

Kepala DPMPTSP, H M Rum, menjelaskan, realisasi investasi sampai triwulan pertama 2020 bernilai 2.1 triliun. Ada kenaikan progresif dari 2019 yang senilai 1,9 triliun. Limapuluh persen berasal dari sektor pertambangan dan selebihnya dari sektor pariwisata, kelautan dan lain lain. Target NTB sendiri di masa pandemi berkisar 6,5 sampai 7 triliun rupiah.

“Di sektor tambang, ada Sumbawa Timur Mining yang akan mengeksplorasi 1,7 billion ton lebih besar kandungan mineral dari yang pernah ditambang selama ini oleh PT Newmont dan lain lain. Selain itu operasi tambang ini dipastikan ramah lingkungan karena kedalamannya hanya empat sampai lima kilometer sesuai regulasi pusat”, jelas Rum.

Kunjungan Gubernur kali ini didampingi Sekda NTB, Kepala Biro Organisasi Setprov NTB, Kepala Satpol PP dan Kepala BKD. (jm)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.