Berbagi Berita Merangkai Cerita

Gubernur Ajak Himmah NW Cegah Kerusakan Hutan

38

//FOTO. Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat menghadiri Raker dan pelantikan Korwil Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (HIMMAH NW) NTB. (FOTO. RUL

MATARAM, DS – Gubernur NTB Zulkieflimansyah menghadiri Raker dan pelantikan Korwil Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (HIMMAH NW) NTB. Khusus pada pengurus yang baru dilantik periode 2021 – 2023, Bang Zul meminta agar HIMMAH NW dapat bersinergi dengan pemerintah dalam upaya penyelamatan hutan di Provinsi NTB.

“HIMMAH NW NTB harus bersinergi dengan pemerintah dalam penyelamatan hutan,” kata Gubernur dalam sambutannya disela-sela kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston Inn, Kota Mataram, Minggu (21/3).

Gubernur menugasi HIMMAH NW tidak saja membantu penyelamatan hutan. Namun pihaknya memastikan akan memfasilitasi program beasiswa lanjutan bagi mahasiswa NW untuk melanjutkan studi mereka ke Universitas Indonesia (UI).

Tak hanya itu, peluang untuk melanjutkan studi ke Luar Negeri juga dibuka seluas-luasnya kepada kader HIMMAH NW.

Hal itu, lanjut Bang Zul, dipicu kader HIMMAH NW selama ini, memiliki kualitas pemimpin yang dibutuhkan di era sekarang dan masa yang akan datang.

“Bukan berarti beasiswa luar negeri lebih bermutu, tapi agar kader HIMMAH NW berwawasan global dan egaliter,” ujar Gubernur.

Menurut dia, karakter yang hilang dari bangsa Indonesia, adalah karena isu primordial yang membatasi cara berpikir dan gerak setiap orang. Terlebih, sebagai pemimpin yang harus mengayomi keberagaman.

Oleh sebab itu, kata Gubernur, program 1000 Cendikia harus dijemput oleh gemerasi muda NTB, terutama HIMMAH NW.

“Saya tidak berharap mereka kembali ke NTB, silahkan berdiaspora ke seluruh dunia dengan identitas asal yang melekat. Kami pasti bangga melihat kader HIMMAH NW melakukan Hiziban hingga ke penjuru dunia,” tegas Gubernur.

Terkait organisasi, Bang Zul berpesan agar HIMMAH NW memiliki proyeksi ril tentang awal dan akhir tujuan bersama. “Rakerwil HIMMAH NW harus mampu membaca kondisi daerah hingga hingga tahun mendatang,” jelas Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPP HIMMAH NW, Alimuddin Safir mengatakan, prioritas kerja dalam upaya penyelamatan hutan ini akan dibahas lebih detail dalam rapat kerja selama dua hari. Harapannya, akan mampu menghasilkan langkah teknis.

Terlebih, jika melihat luasan hutan kritis dan rusak di NTB yang penting dikerjakan. Tentu, membutuhkan langkah konkrit semua kalangan.

“Saat ini ada 63 ribu hektar hutan rusak, yang menurut HIMMAH NW menjadi sumber persoalan dan bencana. Untuk itu prioritas kerja periode ini ikut membantu pemerintah dalam upaya rehabilitasi hutan dan pelestarian lingkungan yang dimulai dari pesantren dan madrasah NW,” jelas Alimuddin.

Selain itu, Ketua Korwil HIMMAH NW NTB, Saifudin Rifai, berkomitmen akan mengawal proses pembangunan di Provinsi NTB. “HIMMAH NW ini organisasi kaderisasi, tapi kami berkomitment mengawal pembangunan daerah, tentu dengan kajian-kajian yang matang,” kata Saifudin.

Selain Gubernur. Hadir dalam pembukaan Raker dan pelantikan Korwil HIMMAH NW NTB. Yakni, Ketua Umum PW NW NTB, TGH Mahally Fikri, Mantan bupati KLU yang juga Ketua II PB NW, H. Najmul Akhyar, Ketua PDNW Kota Mataram, H Irzani dan ketua ketua organisasi NW lainnya serta kader HIMMAH NW. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.