BSK Samawa

Gereja GPIB Jamaat Immanuel Berbagi Ratusan Takjil di Mataram

FOTO. Pdt Yance tonapa M.Th saat memimpin pembagian takjil pada pengendara yang melintasi depan Gereja GPIB Jemaat Immanuel WR Supratman Mataram. (FOTO. RUL/DS)

MATARAM, DS – Umat Kristiani yang merupakan jemaat Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel WR Supratman Mataram, membagi-bagikan takjil di jalan, Minggu Sore (10/4).

Menariknya, dalam kegiatan pembagian sebanyak 100 paket takjil tersebut, pihak Gereja juga melibatkan sejumlah wanita muslim berhijab pada kegiatan yang kali pertama dilakukan sejak tahun 1937, Gereja tersebut berdiri di ibukota Provinsi NTB itu.

Dipimpin Pdt Yance tonapa M.Th, belasan umat Kristiani turun ke jalan untuk membagikan paket buka puasa yang berisikan kolak, gorengan, dan air mineral.

Terlihat, sejumlah pengendara dan masyarakat yang melintasi depan Gereja yang berada di belakang Kantor Wali Kota Mataram dan Pendopo Gubernur NTB, tampak antusias menerima takjil itu.

Pdt Yance tonapa M.Th, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini tersebut untuk menjalin kebersamaan antar-sesama anak bangsa yang ada di Kota Mataram.

Terlebih, moderasi agama telah menganjurkan siapapun yang tinggal di NKRI, harus terus menyuarakan toleransi antar setiap pemeluk yang berada di negara ini.

“Kegiatan berbagi takjil ini, adalah bentuk kami saling menghargai, dan ikut merasakan yang dirasakan para saudara muslim,” kata Yance pada wartawan di sela-sela pembagian takjil.

Menurut dia, sebagai pimpinan gereja dan umat Kristiani Kota Mataram, pihaknya turut mendukung umat Muslim melaksanakan ibadah puasa.

“Harapan kami melalui pelaksanaan ibadah puasa bisa lebih mendekatkan seluruh umat muslim kepada Tuhan,” ujar Yance

Ia mendaku, umat Kristiani di GPIB Jemaat Immanuel WR Supratman Mataram, sangat mendukung pemerintah dalam mendorong masyarakat agar senantiasa bersatu, bertumbuh menjadi masyarakat yang harmonis, dan tetap menjaga kota ini agar tetap kondusif.

Karena itu, tidak saja bagi takjil. Namun pihaknya telah pula melakukan kegiatan pembagian sembako dan baksos bagi umat Islam lainnya beberapa waktu lalu.

“Kegiatan bernada sosial kemasyarakatan adalah upaya kita menjaga harmonisasi kehidupan antar pemeluk agama di Kota Mataram. Harapan kita, semoga pihak gereja lainnya juga berempati dan membantu umat muslim, seperti kegiatan yang kini kita lakukan saat ini,” ungkap Yance.

Sementara itu, Ketua Panitia pembagian takjil, Mark Sihombing mengatakan, bahwa ratusan takjil yang dibagikan kali ini, merupakan sumbangan murni para jamaat GPIB) Immanuel WR Supratman Mataram.

Menurut dia, lantaran tingginya antusiasme masyarakat dan pengendara kendaraan yang melintasi depan Gereja saat pembagian takjik tersebut, pihaknya merencanakan akan menjadikan program ini sebagai program tahunan.

“Termasuk umat Islam yang kita ajak sebagai panitia pembagian juga kewalahan tadi, karena antusiasme masyarakat yang sangat tinggi. Maka, kegiatan kali ini akan jadi evaluasi untuk kegiatan berikutnya. Termasuk, kita akan menambah paket takjilnya agar lebih banyak lagi kedepannya,” tandas Mark Sihombing. RUL.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.