BSK Samawa

Geopark Goes To School Sambangi Sekolah SMA

Geopark goes to school

Bima, DS-Dewan Pelaksana Geopark Tambora menyambangi sekolah-sekolah SMA/SMK untuk melakukan sosialisasi perluasan Delineasi Geopark Tambora-Samota Biosphere Reserve ke wilayah yang telah direkomendasikan oleh Vice President Of Unesco Global Geopark dan Badan Geologi melalui program Geopark Goes To School.

Kegiatan ini mengundang siswa siswi SMA 1 Woha dan SMAN 2 Woha yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Woha Kabupaten Bima. Senin (25/09/2023). Hadir Wakasek SMA 1 Woha, perwakilan guru SMAN 2 Woha, General Manager Geopark Tambora Satkar Umara, Manajer Pendidikan dan Kebudayaan Geopark Tambora, Julhaidi, Manajer Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif Geopark Tambora, Abdul Sahir dan didampingi para staf kesekretariatan Geopark Tambora.

Dalam sambutannya, Wakasek Humas SMAN 1 Woha, Syafrudin, mengakui kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan agar dapat mengetahui apa itu Geopark.

“Karena masih banyak di kalangan masyarakat terutama anak-anak sekolah di tingkat SMA yang belum mengetahui tentang geopark itu sendiri lebih khususnya Geopark Tambora, ” ujarnya seraya menambabkan Gunung Tambora pernah menjadi sejarah dalam kehidupan khususnya di Pulau Sumbawa.

Sementara itu, General Manager Geopark Tambora, Satkar Umara, menjelaskan Kegiatan Geopark Goes to School merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dilaksanakan Dewan Pelaksana Geopark Tambora untuk mendapatkan pengakuan Unesco Global Geopark (UGG).

“Geopark Goes to School bertujuan untuk memperkenalkan Geopark Tambora kepada seluruh generasi muda di wilayah lingkar tambora” ujarnya

Melalui kegiatan ini Satkar Umara mengharapkan siswa menumbuhkan sikap sadar wisata dan kecintaan para generasi muda untuk berperan serta menjaga dan melestarikan geosite yang ada di semua wilayah Tambora .

“Diharapkan setelah adanya kegiatan sosialisi ini, akan ada tindak lanjut kerjasama dengan pihak sekolah melalui kegiatan “School goes to Geopark, ” ujarnya. Md

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.