Berbagi Berita Merangkai Cerita

Gencarkan Rapid Antigen, RSUD Kota Mataram Sasar 3.000 Sampel

31
FOTO. Dirut RSUD Kota Mataram, dr H Lalu Herman Mahaputra (kanan) saat memberikan arahannya didampingi Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang terkait target menjadikan Mataram menjadi Zona Hijau Covid-19. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – RSUD Kota Mataram terus menggencarkan rapid test antigen secara masal. Sasarannya mulai dari perkantoran hingga fasilitas publik yang dilakukan secara acak dengan target 3.000 sampel.

Direktur RSUD Kota Mataram dr H Lalu Herman Mahaputra, mengatakan saat ini telah melatih 26 petugas rapid test antigen COVID-19 untuk diterjunkan melakukan rapid secara masal.

“Saat ini kami sedang melatih 26 petugas rapid test antigen COVID-19, yang akan kita turunkan pekan depan untuk mengambil sekitar 3.000 sampel dari masyarakat secara acak, baik yang berada di perkantoran maupun di fasilitas publik,” Jumat (5/2).

Ikhtiar menggencarkan rapid test antigen untuk mengeluarkan Mataram dari zona oranye (risiko sedang) COVID-19. Ia berharap Mataram segera masuk ke zona hijau.

“Untuk mencapai target itu, apapun risikonya akan kita terobos, termasuk anggaran, penyiapan reagen, petugas serta kebutuhan lainnya,” katanya.

Dr Jack sapaan akrabnya mengatakan ketersediaan reagen masih terjamin

“Sekarang kita memiliki sekitar 3.000-an reagen, untuk kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal pekan depan,” katanya.

Untuk pekan ini,  telah disiapkan 1.100 reagen, yang disebar melalui 11 puskesmas di Kota Mataram. Karena pengambilan sampel rapid test bekerjasama dengan puskesmas.

“Jadi satu puskesmas ditarget melakukan tes usap antigen terhadap 100 orang di tempat berbeda,” tandasnya. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.