Gelar Pengajian dan Tadarus Online Selama Ramadhan, NU NTB Komit Bantu Pemerintah Cegah Covid-19

2 min read

MATARAM, DS – Ketua PWNU NTB, Prof Dr H Masnun Tahir, mengatakan, kegiatan mengisi bulan suci Ramadhan tahun ini akan difokuskan di Kantor PWNU di jalan Pendidikan, Kota Mataram.Hanya saja, kegiatan tahunan berupa kajian Ramadhan dan tadarusan selama satu bulan itu dilakukan secara online melalui fasilitas TV, Radio, WA, Livestreaming YouTube, dan Facebook

“Jadi pengajian-pengajian secara online di Bulan Ramadhan kita lakukan semuanya disesuaikan di tengah situasi Covid-19,” ujar Prof Masnun dalam siaran tertulisnya, Minggu (26/4).

Guru Besar UIN Mataram itu bersyukur dalam pengamatanya banyak program-program yang akan diselenggarakan ormas Islam di Bulan Ramadhan. Menurut dia, sebagian ormas Islam sudah ada yang mempersiapkan untuk menggelar pengajian berbasis telelekonferensi.

Di samping itu, menurut dia, di tengah situasi saat ini umat juga bisa menyampaikan dakwahnya melalui media online atau pun cetak. “Ada juga yang menyampaikan melalui media, di TV, dan nanti yang sifatnya private bisa melalui WA atau media sosial lainnya untuk tetap terjaga komunikasi dan silaturrahim,” ucap Prof Masnun.

Dia menjelaskan, untuk menyambut bulan Ramadhan tahun ini umat Islam memang harus mempersiapkan diri sejak dini, karena situasinya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menurut dia, umat Islam harus tetap menyiarkan bulan Suci Ramadhan.

“Kita masih belum bisa berkumpul-kumpul bersama, termasuk shalat tarawih seperti biasanya.Maka diharapkan sekeluarga bisa shalat tarawih, imamnya bapaknya, makmumnya anaknya dan istrinya. Dan pelaksanaanya sebaiknya di rumah,” tegas Prof Masnun.

Masnun berharap umat Islam juga saling bahu membahu untuk mencukupi kebutuhannya selama bulan Ramadhan.Sebab, meningkatkan amalan-amalan filantropis. Diantaranya, berinfaq, bersedekah dan berzakat guna mengurangi beban saudara muslim yang tidak mampu adalah sebuah kewajiban.

“Untuk membantu sesama muslim yang terdampak pandemi Corona atau Covid-19 ini. Kami juga telah membuka pintu donasi zakat dan sumbangan lainnya yang bisa disalurkan lewat LAZISNU PWNU NTB,” kata Prof Masnun.

Ia meminta pada umat islam dalam masa pandemi Covid-19 saat ini agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan. Yakni, dengan tetap menggunakan masker dan APD lainnya sesuai arahan pemerintah dan tenaga medis.

Selain meningkatkan ibadah. Prof Masnun juga mengimbau umat islam agar tetap menjaga kesabaran selama menjalankan ibadah puasa ditengah wabah Corona saat ini.

“Insya Allah, ujian Virus Corona ini adalah ujian kesabaran kita sebagai umat islam. Jadi, mari kita banyak-banyak berdoa, beribadah dan mengikui anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebarannya. Semoga Allah menerima ibadah puasa kita tahun ini,” tandasnya. RUL.

Tinggalkan Balasan