Berbagi Berita Merangkai Cerita

Gelar Muktamar ke 3 di Loteng, Gubernur NTB Harap ICMI Muda Lahirkan Aktor Kemajuan Pembangunan Bangsa

48

FOTO. Ketua Umum Presedium Pusat ICMI Muda, DR. Ahmad Zakiyuddin bersama Wabup Loteng dan Kadis Dikbud NTB usai pembukaan Muktamar ke 3 ICMI Muda di Loteng. (FOTO. RUL/DS).//

MATARAM, DS – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda menggelar Muktamar ke 3  di Hotel Novotel Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Sabtu (27/2). Kegiatan yang dibuka Kadis Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) NTB Dr. Aidy Furqan mewakili Gubernur Zulkieflimansyah bersama Wabup Loteng Nursiah itu berlangsung secara virtual dengan diikuti pengurus ICMI muda tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota di Indonesia.

Gubernur mengatakan, majunya sebuah negara tentu hal yang besar yang ada dibelakangnya adalah generasi muda yang kreatif. Oleh karena itu, penciptaan peluang untuk membuat maju sebuah daerah terbentuk dari generasi muda yang kreatif.

“Jadi, hadirnya organisasi ICMI Muda diharapkan mampu menjadi wadah bagi lahirnya bibit bangsa yang unggul. Khususnya, sebagai aktor penting dalam pembangunan di daerahnya masing-masing,” kata Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Kadis Dikbud.

Ia berharap perkembangan ICMI Muda sebagai satu organisasi para Cendikia dapat memberikan kontribusi pada kemajuan daerah, khususnya bagi kemaslahatan ummat.

“Selamat bermuktamar, semoga dapat berjalan lancar dan sukses. Sehingga, apa yang dihajatkan untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran yang konstruktif bagi pembangunan daerah dan negara dapat tercapai dengan baik,” kata Gubernur.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Muktar ke 3 ICMI Muda, DR. H. Tumpal Panggabean mengatakan, kegiatan ini mengusung tema membangun sumber daya nanusia dan sinergitas untuk kemandirian organisasi dalam newujudkan kepemimpinan umat.

“Sengaja kami memilih bermuktamar di Lombok Tengah, Provinsi NTB karena kita ingin Provinsi NTB yang telah ditunjuk sebagai salah satu distinasi super periotitas di Indonesia dapat terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan ICMI Muda kedepan akan turut berkontribusi pada daerah dan bangsa Indonesia,” ujar Tumpal.

Ia menegaskan, ICMI Muda tidak boleh membiarkan bangsa Indonesia sendiri berjuang menghadapi pandemi Covid-19. “Disini, pengurus ICMI Muda wajib terus bergerak serta berbuat baik untuk bangsa dan negaranya,” kata Tumpal lantang.

Sementara itu, Ketua Umum Presedium Pusat ICMI Muda, DR. Ahmad Zakiyuddin, mengungkapkan, saat ini, kepengurusan ICMI Muda telah terbentuk di 20 Provinsi dan
118  Kabupaten/ Kota di Indonesia.

Khusus, yang hadir secara ofline hari ini merupakan perwakilan dari 10 wilayah di Indonesia. Sementara, sisanya di ikuti secara online di meting zoom.

“Pertemuan secara virtual dihadiri Majlis Istiqomah  A. M. Iqbal Parewangi yang bakal menjadi narasumber utama bersama Pengurs Wilayah ICMI Muda NTB Tauhid Rifa’i. Nantinya, sejumlah tokoh nasional akan dijadwalkan hadir secara virtual untuk mengisi seminar online,” ungkap Zakiyuddin.

Menurut dia, ICMI Muda, tersebar kepengurusannya dari baragam latar belakang ormas maupun partai politik, ”Kami independen secara organisasi dan tidak ada dominan satu partai manapun,” ucap Zakiyuddin.

“Pastinya, ICMI ingin melahirkan tokoh-tokoh muda dan melahirkan ide dan gagasan intelektual untuk kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Terpisah, Wakil Bupati Lombok Tengah, DR. H. Nursiah, menambahkan, isu muktamar kali ini dirasa sangat menarik. Apalagi, pelaksanaanya berlangsung di kawasan KEK Mandalika.

“Kami berharap, Muktamar ICMI Muda ini bisa menjadi bagain dari pendorong percepatan pembangunan KEK Mandalika Lombok Tengah yang telah masuk menjadi lima prioritas pembangun Nasional,” tandasnya. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.