Menu

Mode Gelap

Dinamika · 27 Jul 2022 18:45 WITA ·

Gawe Gubuk di NTB jadi Perhatian Nasional


					Wabup KLU Danny Karter Ferbianto ketika memberikan sambutan pada acara gawe gubuk di Desa Menggala. ian Perbesar

Wabup KLU Danny Karter Ferbianto ketika memberikan sambutan pada acara gawe gubuk di Desa Menggala. ian

KLU, DS-Gawe Gubuk yang dirangkaikan dengan HUT ke 2 Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, KLU, berlangsung, Rabu (27/7). Acara dihadiri Wabup Danny Karter Febrianto, Kepala DP3AP2KB, Ketua LPA NTB, OPD KLU, dan seluruh kades di Kecamatan Pemenang, KLU.

Kepala DP3AP2KB NTB, Tri Wismaningsih, dalam sambutannya mengatakan kegiatan mengumpulkan masyarakat secara langsung melalui layanan terintegrasi gawe gubuk sudah menjadi perhatian nasional. Kata dia, Bappenas menilai kegiatan ini sebagai praktik baik.

Dia mengaku sudah diundang Bappenas mempresentasikan gawe gubuk dan menerima apresiasi yang sangat baik. Kegiatan semacam ini diharapkan bisa menjadi kebijakan nasional dan pengembangan dari Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA).

“Program ini terintegrasi berspektif gender dan peduli anak. Dengan demikian anak dijamin hak-haknya,” ujarnya seraya menambahkan bahwa banyak hak anak yang diyakininya bisa ditegakkan di Desa Menggala sebagai DRPPA.

Menurutnya, hal ini sekaligys sebagai indikator KLU sebagai kabupaten layak anak (KLA). Walau tahun ini belum dapat predikat KLA, kata dia, pihaknya yakin dengan persiapan yang dilakukan seperti sejumlah regulasi akan membuat KLU sebagai KLA.

“Gawe gubuk tidak berhenti tapi bisa dilakukan terus menerus dengan mengintegrasikan dengan posyandu yang berlangsung hingga dusun. Karena, Posyandu tak cuma pelayanan kesehatan melainkan juga bisa dengan gawe gubuk,” ujarnya.

Wabup KLU, Danny Karter Febrianto, dalamkesempatan itu memaparkan sejumlah potensi dan permasalahan di KLU. Ia mengapresiasi kegiatan gawe gubuk yang berlangsung di desa karena akan menekan kasus-kasus kerentanan anak.

“Semangat kebersamaan perlu dijaga dalam berkolaborasi dan bekerjasama,” ujarnya.

Gawe Gubuk di Desa Menggala menghadirkan seluruh OPD layanan kabupaten yang dibutuhkan di desa itu untuk menekan kasus-kasus kerentanan anak. ian

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jumlah Masjid di NTB Capai 9.996

15 Agustus 2022 - 21:09 WITA

Ingin Sang Dewi Bersih dan Cantik, Kru Bank Panin Dubai Syariah NTB Gotong Sampah

15 Agustus 2022 - 19:07 WITA

Ternyata Bunda Niken Fasih Nyanyikan Lagu Daerah

13 Agustus 2022 - 18:59 WITA

Ribuan Kader PKK Ikuti Jambore dan Kelilingi Kota Dompu

12 Agustus 2022 - 15:22 WITA

Lombok Barat Juara 1 Turnamen Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 19:31 WITA

Kandaskan KSB, Lobar Berhadapan dengan Kabupaten Bima pada Laga Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 12:19 WITA

Trending di Dinamika