Berbagi Berita Merangkai Cerita

Gandeng Undikma, Menpora Buka Sosialisasi DBON di Kota Mataram

27

FOTO. Rektor Undikma Prof. Kusno, Ph.D (kiri) saat bersama Menpora Zainudin Amali (kanan). (FOTO. Rul)

MATARAM, DS – Kemenpora RI menggandeng Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) menyelenggarakan Sosialisasi Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan sosialisasi yang akan berlangsung hingga 11 Desember 2021, dibuka oleh Menpora Zainudin Amali, Kamis 9 Desember 2021, di Hotel Golden Palace Lombok, Kota Mataram.

Hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut, Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah, Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H. Lalu Rusmiady, Rektor Undikma Prof. Kusno, Ph.D dan beberapa undangan lainnya dari berbagai komponen.

Menpora Zainudin Amali mengatakan, sosialisasi Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) kepada stakeholder keolahragaan khususnya di Provinsi dan Kota/Kabupaten se-Indonesia ini penting dilakukan dan sangat strategis.

Sebab, sesuai dengan Perpres DBON tersebut diperlukan peran dari Pemerintahan Provinsi/Kota/Kabupaten, KONI Provinsi, NPCI Provinsi, Pengurus Provinsi Cabang Olahraga, Perguruan Tinggi, dan Akademisi dalam rangka menghasilkan prestasi olahraga di kancah Internasional.

“Hal ini penting untuk menyamakan persepsi, maka diselenggarakan sosialisasi Perpres ini,” kata Menpora Zainudin Amali.

Sosialisasi DBON rencananya akan dilakukan di 10 provinsi yang nantinya akan menjadi sentra pembinaan olahraga.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, baik olimpiade maupun paralimpiade. 

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Menpora Zainudin Amali atas dipilihnya NTB sebagai salah satu lokasi sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).
 
“Saya kira kita beruntung hari ini menjadi veneu  dimana pak menteri akan membahas Desain Besar Olahraga Nasional,” kata Gubernur Zulkieflimansyah.

Ia berharap, DBON nantinya menjadi penambah semangat masyarakat NTB dan atlet  dalam memajukan olahraga nasional, khususnya di NTB.
 
“Mudah-mudahan Desain Besar Olahraga Nasional ini menambah semangat masyarakat dan atlet NTB untuk berkontribusi dalam kemajuan olahraga nasional,” katanya.

Sementara itu, Rektor Undikma Prof. Kusno, Ph.D dalam laporannya menjelaskan, Undikma selama ini secara konsisten melakukan pembinaan dan dukungan kepada mahasiswa/atlet sehingga banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional, regional bahkan internasional.

“Untuk menunjang lahirnya prestasi, UNDIKMA memiliki fasilitas olahraga yang cukup memadai seperti laboratorium olahraga, kolam renang, dan fasilitas laimnya,” katanya.

Ketua Yayasan H Lalu Rusmiady menyambut baik hadirnya DBON sebagai bagian dari cara sistematis dalam meningkatkan daya saing, pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional.

“Sebagai badan penyelenggara UNDIKMA, Yayasan akan selalu memberikan suport kepada Rektor dan seluruh Sivitas Akademika UNDIKMA dalam upaya meningkatkan prestasi mahasiswa termasuk prestasi olahraga,” ujarnya.

Kepala Biro Humas Undikma, Ismail Marzuki menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenpora atas kepercayaan kepada UNDIKMA dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi DBON di Nusa Tenggara Barat.

“Kepercayaan ini tidak terlepas dari prestasi olahraga yang dimiliki oleh UNDIKMA yang telah mengharumkan nama daerah dan Negara Indonesia,” katanya

Ismail menambahkan, selain kerjasama dengan Menpora, Undikma juga kerjasama dengan Komisi X DPR RI untuk melaksanakan kegiatan Uji Publik RUU Sistem Keolahragaan Nasional pada hari Jumat 10 Desember 2021. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.