Berbagi Berita Merangkai Cerita

Figur Cawapres Ideal Jokowi versi TGB Harus Ada Kecocokan

0 11

MATARAM, DS – Gubernur Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) angkat bicara soal kriteria ideal calon wakil presiden untuk Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019. Menurutnya, Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan Jokowi dalam menentukan pendampingnya.

TGB mengungkapkan, kreteria pertama, sosok Cawapres pendamping Jokowi haruslah figur yang mewakili posisi kewilayahan. Di samping itu, latar belakang figur tersebut juga harus betul-betul diperhatikan Jokowi.

“Ada pertimbangan kewilayahan, ada pertimbangan latar belakang, dan banyak sekali,” ujar Gubernur menjawab wartawan yang dihubungi melalui telpon selulernya, Kamis (12/7).

TGB mengakui faktor terpenting yang harus diperhatikan Jokowi dalam menentukan sosok cawapresnya, harus ada kecocokan. Sebab, kecocokan akan berpengaruh terhadap kinerja pemerintahan nantinya.

“Kalau menurut saya kepemimpinan nasional itu kan satu, Presiden dan Wakil Presiden itu adalah dwi tunggal jadi harus ada kecocokan,” tegas TGB.

Meski demikian, ia tidak mau terlalu jauh mengomentari siapa sosok ideal pendamping Jokowi. Sebab kriteria terbaik untuk sosok cawapres hanya Jokowi yang paling tahu. “Pada akhirnya kriteria apa yang seperti bagaimana ya tentu yang mengetahui paling tepat,” tandas Zainul Majdi.

Kekayaan TGB

Nama TGB, sebenarnya sudah ramai dibicarakan sejak masuk ke dalam beberapa lembaga survei. Dimana, ia masuk dalam lima besar tokoh, dengan skor tertinggi untuk menjadi calon Wakil Presiden RI.

Salah satunya, sebagaimana hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting ( SMRC). Dalam survei, selain TGB, ada nama Mahfud MD, Sri Mulyani, Said Aqil Siraj, dan Airlangga Hartarto.

Namun, dalam setiap pemilihan, baik itu Pilbub, Pilwalkot, Pilkada, Pileg maupun Pilpres, kandidat harus menyiapkan uang yang cukup.  Lantas, berapa harta kekayaan TGB jika ia dipilih sebagai pendamping Jokowi di Pilpres 2019?

Berdasarkan penelusuran Duta Selaparang dari aplikasi LHKPN KPK, Gubernur NTB, Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi tercatat telah melaporkan harta kekayaan sebanyak empat kali.  Terakhir Gubernur melaporkan harta kekayaan saat mencalonkan diri sebagai Gubernur NTB untuk periode kedua tahun 2013.

Total harta kekayaan orang nomor satu di NTB ini dalam dokumen LHKPN KPK tersebut sebesar Rp 11,431 miliar. Sehingga, jelas mengalami peningkatan dari LHKPN yang dilaporkan 26 Juli 2010 yang nilainya Rp 5,527 miliar. RUL.

Leave A Reply