Menu

Mode Gelap

Pariwisata · 17 Feb 2017 01:24 WITA ·

Festival Pesona Bau Nyale 2017 Dispar NTB Klaim Persiapan Capai 90 persen


					Sejumlah turis mancanegara ikut berbaur bersama ratusan penonton saat menyaksikan lomba peresaan yang merupakan rangkaian ‘Festival Pesona Bau Nyale 2017’ di Pantai Seger, Lombok Tengah Perbesar

Sejumlah turis mancanegara ikut berbaur bersama ratusan penonton saat menyaksikan lomba peresaan yang merupakan rangkaian ‘Festival Pesona Bau Nyale 2017’ di Pantai Seger, Lombok Tengah

MATARAM, DS – Kepala Dinas Pariwisata NTB H.Lalu Muhamad Faozal MSi mengatakan persiapan kegiatan budaya tahunan bertajuk ‘Festival Pesona Bau Nyale 2017’ dipastikan sudah mencapai sekitar 90 persen.
Hal itu ditunjukkan, dengan telah berdirinya panggung utama di Pantai Seger di Kabupaten Lombok Tengah yang menjadi venus utama kegiatan unik yang dikenal dengan keluarnya sejenis cacing setahun sekali di Lombok, yang dikaitkan dengan legenda Puteri Mandalika tersebut.
“Prinsipnya, kita sudah siap menghost acara tahunan yang direncanakan akan dihadiri Menteri Pariwisata Arif Yahya itu,” ungkap Faozal menjawab wartawan melalui telpon selulernya, Kamis (16/2).
Menurutnya, kegiatan budaya bau nyale tersebut merupakan salah satu ritual terunik di dunia saat ini. Oleh karenanya, lautan manusia akan tumpah ruah di garis pantai yang membentang hingga 76 kilometer di pantai Selatan Lombok Tengah selama dua hari yakni, Kamis malam (16/2) hingga Jumat (17/2) pagi.
“Ritual bau nyale ini adalah upaya kita menanamkan nilai-nilai pengorbanan layaknya Putri Mandalika. Dan ini, ritual terunik sepanjang sejarah. Ritualnya menyedot pengunjung yang banyak. Dan ini sudah diakui dunia,” kata Faozal.
Ia menambahkan, ada peningkatan kunjungan wisatawan sekitar 20 persen bila dibanding 2015 dalam setiap penyelenggaraanya. Dan 70 persen tamu yang menginap di sekitar Pantai Kuta, tak lagi didominasi turis lokal. “Kami pantau, sekarang ini, dominasinya dikuasai turis asal Singapura, Hong Kong, Eropa dan Amerika Serikat,” ujar Faozal.
Rangkaian Festival Pesona Bau Nyale 2017 sendiri diawali dengan berbagai kegiatan. Beberapa rangkaian acara yang akan disiapkan, antara lain peresean, bersih pantai, parade budaya, surfing, voli pantai, lomba swafoto menggunakan kamera handphone, kampung kuliner, pemilihan putri Mandalika, pagelaran budaya, dan hiburan. fahrul

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sport Tourism Jalan, Mandalika Terus Menjadi Tuan Rumah Event Otomotif Bergengsi Dunia

13 Mei 2022 - 17:46 WITA

Kadis Yusron Klaim Wisatawan Meningkat ke NTB Selama Libur Lebaran Idul Fitri

10 Mei 2022 - 17:00 WITA

Pilih Tak Jauh Libur Lebaran, Warga Mataram Nikmati Kawasan Pantai Ampenan

7 Mei 2022 - 16:52 WITA

Sirkuit Mandalika jadi Favorit Wisatawan di Libur Lebaran

6 Mei 2022 - 17:35 WITA

Pariwisata NTB Butuh Inovasi PascaMotoGP, Aktifis Pemuda Sayangkan Curhat Kadispar Curhat Soal Dana

9 April 2022 - 14:23 WITA

Ketimbang GOR Mini, Pemkot Lebih Baik Optimalkan Waterpark Mataram

5 April 2022 - 20:15 WITA

Trending di Pariwisata