Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 10 Feb 2022 07:03 WITA ·

Fakultas Kedokteran Gratis bagi Siswa Miskin NTB, Ini Tekad Rektor Unram yang Baru


					Fakultas Kedokteran Gratis bagi Siswa Miskin NTB, Ini Tekad Rektor Unram yang Baru Perbesar

FOTO. Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. (FOTO. rul)

MATARAM, DS – Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Pascasarjana Universitas Mataram (Unram) Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, terpilih menjadi Rektor Unram periode 2022-2026.

Prof Bambang mengalahkan kandidat petahana Prof. Dr. Lalu Husni., SH., M.Hum dan calon rektor lainnya Dr. H. Djumardin, SH., M.Hum dalam sidang senat Unram yang berlangsung, Selasa (8/2) kemarin.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil perhitungan suara Dr. H. Djumardin, SH., M.Hum mendapatkan 0 suara, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St Ph.D., mendapatkan 49 suara dan dan Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., mendapatkan 43 suara. Dengan raihan ini, bismillah Prof Bambang akan menjadi rektor Unram. Tentunya, setelah hasil perhitungan suara tersebut dituangkan dalam berita acara Nomor 1973/UN18/KP/2022,” jelas Ketua Senat Unram Prof. Agil Al Idrus., M.Si saat memimpin jalannya rapat tersebut, kemarin.

Pada rapat senat tersebut, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) diiwakili oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek.

Prof Agil mengatakan proses pemilihan Rektor Unram terdiri dari empat tahap yaitu tahap penjaringan, tahap penyaringan, tahap pemilihan dan penetapan atau pelantikan.

“Hari ini, kita telah melaksanakan tahapan yang ketiga yaitu melakukan pemilihan Calon Rektor Unram Periode 2022-2026. Di mana, dari perolehan suara tersebut, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St Ph.D., ditetapkan sebagai Rektor Unram Terpilih Periode 2022-2026 yang dituangkan dalam berita acara Nomor 1974/UN18/KP/2022,” jelas dia

“Hasil ini, nantinya akan dikirim kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Tahap selanjutnya adalah penetapan atau pelantikan pada 7 Maret 2022,” sambung Prof Agil.

Sementara itu, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D mengatakan, dirinya akan fokus mempercepat delapan indikator yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Mendikbudristek pada seluruh perguruan tinggi di semua wilayah Indonesia.

Delapan indikator utama Kampus Maju, yakni lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Selanjutnya, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat.

Berikutnya, program sudi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Serta, program studi berstandar internasional.

“Nah dari delapan indikator itu, Unram hanya bagus pada sisi hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Makanya, enam indikator yang kurang akan kita kejar dan percepat akselarasi kedepannya. Salah satunya, di Unram semua program studinya bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Serta, program studi berstandar internasional,” jelas Prof Bambang pada wartawan, Rabu (9/2).

Menurut dia, dengan bisa dikejarnya target delapan indikator utama Kampus Maju tersebut, pihaknya optimis akan bisa meningkatkan raihan rangking Unram yang kini pada kluster 41 kampus terbaik di Indonesia menjadi peringkat ke-33 secara Nasional.

“Insyaallah, kita ikhtiarkan kesana, minimal kita bisa kembalikan Unram ke peringkat ke-33 secara Nasional. Syukur-syukur bisa melampaui lah,” tegas Prof Bambang.

Guru besar Fakultas Pertanian Unram itu mengatakan dengan visi Unram yang akan menjadi perguruan tinggi berbasis internasional di tahun 2024, pihaknya akan fokus mengejar akreditasi tersebut. Apalagi, dengan jaringannya di berbagai kampus ternama di Australia, dan Selandia Baru. Tentunya, peningkatan kerjasama dengan kampus luar negeri akan bisa diterapkan dalam waktu dekat ini.

“Insyaallah, dengan pengalaman saya sekitar 8,5 tahun tinggal di luar negeri. Utamanya, bolak balik Australia, Selandia Baru dan negara Eropa lainnya, hal itu akan bisa kerja kedepannya,” ucap Prof Bambang.

Tak hanya itu, lanjut dia, strategi lainnya agar Untam mampu memenuhi Akreditasi nasional. Tentunya, program afirmasi mahasiswa miskin yang pintar untuk bisa masuk di Fakultas Kedokteran akan diutamakan kedepannya.

Apalagi, kata Prof Bambang, terobosan mengakomodir mahasiswa miskin di NTB masuk fakultas kedokteran Unram, merupakan janjinya selama ini.

“Insya Allah, di era saya, keberpihakan rektorat pada siswa miskin yang ingin melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran akan bisa saya wujudkan. Ini kenapa harus saya mulai, sebab saya juga berangkat dari anak miskin yang bisa bersekolah di Unram hanya dengan modal nekat. Makanya, kehidupan saya waktu itu, adalah bermodal serba bea siswa saat berkuliah dari S-1 hingga melanjutkan studi ke magister hingga gelar Doktoral dan profesor saat ini,” tegas Prof Bambang.

Ia memastikan, selama memimpin Unram kedepannya, dirinya akan fokus memperbaiki yang kurang dari sisi akademik hingga tidak akan pernah melakukan praktik yang akan merugikan pihak lain.

“Insya Allah, saya enggak akan korupsi. Yang ada, adalah saya akan banyak berbuat untuk warga miskin yang ingin bersekolah di Unram. Utamanya, di Fakultas Kedokteran. Jadi, nanti semua tes masuk hingga saat siswa miskin di terima di Fakultas Kedokteran yang memenuhi pasing grade, pinter dan lulus tes akan kita biayai seluruhnya,” tandas Prof Bambang. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 103 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wapres Puji Konsistensi Gubernur NTB Bangun SDM

2 Juli 2022 - 19:06 WITA

Gubernur NTB Siap Berikan Beasiswa Bagi Aktivis

29 Juni 2022 - 17:57 WITA

Guru Ujung Tombak Keberhasilan Pendidikan

27 Juni 2022 - 04:44 WITA

Puluhan TKW Ilegal asal NTB Dibina di Jakarta

25 Juni 2022 - 19:08 WITA

Mahasiswa Harus Mengetahui Kebijakan Pemerintah

24 Juni 2022 - 06:48 WITA

Menunjukkan KIA, Anak-anak Kota Mataram Bisa Dapat Diskon Belanja

24 Juni 2022 - 06:44 WITA

Trending di Pendidikan