Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 13 Feb 2022 14:08 WITA ·

Event Pra Musim MotoGP Mandalika, Pelaku Wisata Loteng Kecipratan Rezeki


					Event Pra Musim MotoGP Mandalika, Pelaku Wisata Loteng Kecipratan Rezeki Perbesar

FOTO. Sejumlah wisatawan yang tengah menyaksikan event tes pra-musim terlihat mengunjugi sejumlah sentra pariwisata di wilayah Loteng. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Industri pariwisata di Lombok melonjak drastis seiring dengan adanya gelaran internasional yang digelar di Mandalika. Tak dimungkiri, hal ini merupakan salah satu dampak dari banyaknya wisatawan yang datang ke Lombok untuk melihat langsung para pembalap mengaspal di sirkuit Mandalika, baik dalam event World Superbike yang telah selesai, pramusim MotoGP yang saat ini tengah berlangsung dan juga MotoGP yang akan segera digelar bulan Maret mendatang.

Salah satu pariwisata yang terdampak positif adalah Desa Sukarara, Lombok Tengah, yang terkenal dengan kain tenun. Lokal guide di sentra kerajinan tenun Sukarara, Sandy, mengatakan, bahwa adanya event di Mandalika membuat tingkat kunjungan meningkat tajam.

Mengantisipasi peningkatan angka kunjungan wisawatan ini, PLN juga telah menyiapkan infrastruktur kelistrikan yang andal.

“Untuk kondisi kelistrikan di tempat kami sudah sangat cukup. Di sini sudah sangat memadai,” kata Sandy pada wartawan, Minggu (13/2).

Senada dengan Sandy, pemandu dan pengelola Desa Sade, Amaq Lia, menyatakan, manfaat dari listrik bagi masyarakat Desa Adat sangat luar biasa sekali, sebelum adanya listrik kondisinya sangat sulit dengan adanya listrik semua menjadi lebih mudah.

“Sebelum adanya listrik, ketika ada wisatawan datang berkunjung ke Sade, begitu uangnya tidak cukup untuk belanja (hasil kerajinan) kita repot. Jadi kadang-kadang tamu awalnya mau membeli akhirnya tidak jadi. Tapi setelah adanya listrik, ATMnya tersedia. Jadi kalau tamu tidak bawa uang tunai, tidak kesulitan,” jelas Amaq Lia.

Menurut dia, bahwa listrik di Desa Sade ini tidak ada kendala. Petugas PLN selalu sigap apabila terjadi gangguan.

“Buat kami di Desa Sade dan masyarakat Sade, PLN terbaik,” ucap Amaq Lia.

Menanggapi hal tersebut, Sudjarwo, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB menyampaikan bahwa event yang digelar di Mandalika merupakan salah satu prioritas PLN.

“PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan yang terbaik untuk di Mandalika. Kami terus memohon doa dari seluruh masyarakat, agar seluruh event dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tandas Sudjarwo. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

‘Begawe Ngujur’ Cara Nelayan Ampenan Sambut Kunjungan PLN

21 Mei 2022 - 15:36 WITA

Sarapan di Mataram, The Sultan Food Aja

20 Mei 2022 - 17:36 WITA

PT DNA akan Menyerap Semua Jagung Petani

18 Mei 2022 - 16:39 WITA

JMSI Apresiasi KBRI Madrid dan Dubes RI Kerajaan Spanyol Bangun Poros Global

17 Mei 2022 - 17:49 WITA

Tambah Satu Mobil Tangki Lagi, HBK PEDULI Tingkatkan Suplai Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

17 Mei 2022 - 17:09 WITA

Harga Jagung Anjlok, Gubernur NTB Beri Solusi Jalur Ekspor

15 Mei 2022 - 19:09 WITA

Trending di Ekonomi