Menu

Mode Gelap

Hukum · 9 Jul 2019 05:29 WITA ·

Eksekusi Baiq Nuril, Kejari Tunggu Salinan Resmi PK MA


					I Ketut Sumadana Perbesar

I Ketut Sumadana

MATARAM, DS – Kepala Kejaksaan Negeri Mataram I Ketut Sumadana meminta terpidana kasus perekaman ilegal, Baiq Nuril Maknun bersikap kooperatif ketika pihaknya mengagendakan eksekusi.

Meski salinan amar putusan peninjauan kembali (PK) dari Mahkamah Agung (MA) belum diterima, proses eksekusi untuk menjalani pidana 6 bulan penjara akan tetap dilakukan.

“Kami akan akan tetap komit melakukan eksekusi setelah menerima amar putusan dari Mahkamah Agung secara resmi. Jadi paling lama satu bulan setelah diterima putusannya (peninjauan kembali), kita laksanakan,” ujar Sumadana, menjawab wartawan, Senin (8/7).

Menurut Sumadana, sebagai pihak yang bertugas melaksanakan putusan pengadilan bisa saja mengeksekusi Baiq Nuril berdasarkan putusan kasasinya yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Tapi kembali lagi, ini untuk menjamin kepastian hukum yang bersangkutan, kami memiliki kebijaksanaan untuk itu,” kata dia.

Karena itu, Kajari Mataram meminta terpidana Baiq Nuril bersikap kooperatif ketika pihaknya mengagendakan eksekusi.

“Proses eksekusinya nanti terpidana akan kita panggil. Sampai dua kali, jika tidak hadir, akan kami panggil paksa untuk dibawa ke Lapas Mataram,” jelas Sumadana.

Majelis hakim Mahkamah Agung dalam putusan sidang peninjauan kembali telah menolak permohonan terpidana Baiq Nuril. Putusan itu diketuai majelis hakim Suhadi dengan anggota Desnayeti dan Margono. Ketiganya menguatkan vonis kasasi, yakni hakim kasasi menjatuhkan pidana hukuman untuk Baiq Nuril selama 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Vonis hukuman itu sesuai dengan Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 11/2008 tentang ITE. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tuding Abdul Aziz Sebar Hoaks Soal Lahan 60 Hektare, Kuasa Hukum Ali BD Ajukan Rekonpensi di PN Sumbawa

12 Mei 2022 - 16:22 WITA

Korem 162/WB Gelar Penyuluhan Hukum

26 April 2022 - 15:11 WITA

Satresnarkoba Polresta Mataram Ciduk Pengedar Sabu Jelang Lebaran

25 April 2022 - 14:29 WITA

Jangan Tinggalkan Rumah dengan Pintu Terbuka, Kejadian di Sandubaya Ini jadi Pelajaran

25 April 2022 - 14:16 WITA

Soal Kelanjutan Kasus BLUD RSUD Praya, Logis Sindir Kedatangan BPKP NTB ke Kejari Praya

23 April 2022 - 23:57 WITA

DPD KNPI NTB Dukung Bongkar Dalang Penjual Keramba Bantuan Nelayan

19 April 2022 - 16:46 WITA

Trending di Hukum