Rabu , 11 Desember 2019
Home / Ekonomi / Warga Kelurahan Banjar Antusias Sambut Pasar Murah Disdag NTB
Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani didampingi Ketua Fraksi PDIP DPRD NTB Nyanyu Ernawati saat meninjau pelaksanaan Pasar Murah di Lapangan Banjar, Kota Mataram

Warga Kelurahan Banjar Antusias Sambut Pasar Murah Disdag NTB

MATARAM, DS – Warga empat lingkungan di Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, yakni Banjar, Sintung, Tangsi dan Karang Buyuk sangat berminat mendatangi lokasi pasar murah sembako dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW di lapangan Gelora Kampung Banjar, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan

Pantauan wartawan, ratusan warga utamanya ibu-ibu banyak membeli berbagai kebutuhan sehari-hari dan hari raya seperti gula pasir, tepung terigu, telur ayam, susu, minyak goreng, bawang putih, beras dan elpiji.

Kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Pemprov NTB melalui Dinas Perdagangan bekerja sama beberapa instansi, BUMN dan para distributor itu mendapat respon besar dari warga yang ada di Kota Mataram. Lokasi kegiatan yang sangat strategis di perbatasan antara Lingkungan Banjar dan Karang Buyuk, membuat warga datang berbelanja sejak pukul 08.00 Wita pasar murah dibuka sangat membludak. Umumnya, masyarakat banyak membeli beras, gula dan tepung.

Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj. Putu Selly Andayani, mengatakan, kegiatan pasar murah dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat membeli kebutuhan pokok dengan harga murah.

“Tradisi Maulid di Mataram sedikit berbeda dengan daerah lain, karena selama bulan Maulid, masyarakat melakukan perayaan dengan berbagai acara religi dan roah atau selamaten dibarengi makanan-makan dalam porsi besar,” ujarnya Selasa (12/11).

Oleh karena itu, sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang Maulid daya beli masyarakat di kota ini meningkat selama satu bulan. Karenanya, kegiatan pasar murah akan dilaksankaan di tujuh lokasi di Kota Mataram. Yakni, Selasa (5/11) di Kantor Lurah Kekalik, hari Rabu (6/11) di Lapangan Karang Pule, hari Kamis (7/11) di Lapangan Monjok, hari Senin (11/11) di Halaman Kantor Lurah Kebun Sari, Selasa (12/11) di Lapangan Kampung Banjar, hari Rabu (13/11) di Lapangan Karang Genteng dan hari Kamis (14/11) di Lapangan Gegutu Rembiga.

“Sebelumnya, kami juga sudah melaksanakan pasar murah di Lapangan Babakan, banjar Hindu di Cakranegara dan Banjar Mataram, serta Halaman Kantor Dinas Perdagangan NTB,” kata Hajjah Selly.

Menurutnya, dalam kegiatan pasar murah tersebut pihaknya melibatakan sebanyak 32 distributor, baik distributor bahan pokok maupun dari retail dan pasar modern. Dalam setiap kegiatan pasar murah, para distributor memberikan harga lebih rendah dari pasar, sehingga bahan pokok selalu menjadi incaran utama.

Untuk dimusim Maulid ini, masyarakat banyak mengincar membeli tepung, margarin, minyak goreng dan telur, karena untuk persiapan Maulid masyarakat juga membuat berbagai aneka jajan kering khas Lombok.

“Dalam kegiatan pasar murah yang telah kami laksanakan sebelumnya, sesuai informasi Dinas Perdagangan Kota Mataram, peredaran uang di pasar murah mencapai sekitar Rp80 juta hingga Rp90 juta,” ucap Selly.

Diyakini, saat kegiatan pasar murah yang akan berlangsung selama sebulan itu, nilai peredaran uang akan lebih banyak, mengingat perayaan Maulid tengah berjalan pada awal bulan lalu. Bahkan, animo masyarakat datang berbelanja ke pasar murah cukup tinggi, sehingga banyak permintaan dari beberapa pihak untuk dapat melaksanakan pasar murah sesering mungkin.

“Itu belum bisa kita penuhi karena keterbatasan anggaran untuk penyediaan lapak, tapi kami usahakan setiap ada acara besar keagamaan pasar murah akan kami gelar. Termasuk jelang Natal dan Tahun Baru,” tandasnya. “Pokoknya harga yang dijual dalam pasar murah oleh para distributor harus dibawah Het. Makanya, saya turun mengecek langsung saat kegiatan pasar murah itu,” sambungnya. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Bupati KLU Kunjungi Rumah Korban Jago Merah

Bayan, DS – ebagai bentuk kepedulian, perhatian serta tanggung jawab selaku pengayom masyarakat, Bupati Lombok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: