Rabu , 16 Januari 2019
Home / Ekonomi / Rombak Total Direksi BUMD Pemprov *Zulkieflimansyah : BUMD Bukan Tempat Buangan Pejabat
Gubernur NTB Zulkieflimansyah

Rombak Total Direksi BUMD Pemprov *Zulkieflimansyah : BUMD Bukan Tempat Buangan Pejabat

MATARAM, DS – Gubernur Zulkieflimansyah menegaskan, akan memperbaiki total kinerja seluruh BUMD yang dimiliki oleh pemprov NTB. Zul menghendaki para direksi yang mengisi posisi di BUMD haruslan orang-orang yang profesional, serta bukan merupakan pejabat buangan.

“Karo baru sudah saya tugasi khusus agar BUMD NTB kedepan lebih baik, dan bukan bukan tempat buangan, sehingga pengisiannya harus orang-orang profesional,” tegas Gubernur.

Terkait holding BUMD, menurut Zul, perusahaan holding BUMD yang dimaksudkannya adalah bagaimana kedepan BUMD di NTB bisa jadi satu perusahaan saja,  namun jenis usahanya bervariasi.

“Holding BUMD NTB yang saya minta Karo yang baru melakukan kajiannya. Saya enggak mau banyak-banyak BUMD, tapi hasilnya enggak jelas. Lebih baik satu grup BUMD, dan nanti di isi oleh orang-orang yang profesional, sehingga pengelolaanya bisa optimal dan menguntungkan daerah,”  tandas Gubernur.

Kepala Biro (Karo) Perekonomian Setda (NTB), H. Wirajaya Kusuma, yang mendapat tugas penting dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah untuk memperbaiki   tata kelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), mengakui tidak mudah menjalankan amanah itu. “Tapi kita akan pelajari, sebagai langkah awal kita evaluasi kinerja dulu,” ujar Wirajaya menjawab wartawan, Selasa (8/1).

Ia menegaskan, evaluasi bisa menyasar pada seluruh aspek, mulai dari peningkatan SDM, kinerja direksi dan komisaris. Bahkan, kata Wirajaya, adanya perombakan dari struktur direksi dan komisaris jika diperlukan dengan menganti personel yang lebih enerjik. “Indikatornya jelas, ketika Anda diberikan uang Rp 100 juta harus menghasilkan lebih dari itu, itu idealnya,” tegas dia.

Wirajaya mengatakan, perbaikan manajemen mutlak diperlukan. Manajemen BUMD yang memiliki kinerja baik tentu akan dipertahankan, sedangkan yang dianggap tidak sesuai akan diganti.

“Kalau direksi BUMD mampu tunjukan kinerja baik, ya ok, kalau enggak ya mohon maaf, kita akan cari orang yang punya komitmen. Saya setuju dengan Pak Gubernur itu harapan beliau, dia orang ekonomi yang orientasinya ekonomi bisnis. Bagaimana biar benefit ya perlu diperbaiki,” jelasnya.

Wirajaya menjelaskan, komisaris yang ada di BUMD juga harus orang yang punya orientasi bisnis, tidak sekadarnya saja. Dia mengharapkan komisaris BUMD diisi orang-orang yang produktif dan mampu kendalikan manajemen perusahaan. Dia menjelaskan, wacana holding yang diinginkan Gubernur NTB agar orientasi bisnis semakin luas jangkauan dan mampu menghasilkan benefit yang bagus. Apabila BUMD sudah kuat, maka tidak perlu lagi adanya subsidi.

“Harapan seperti itu, harapan kita BUMD bisa mandiri, kalau dia mampu tentu tidak harapkan APBD sangat bagus sekali, artinya dia bisa cari modal dan kelola enggak memberatkan APBD, tapi kan sekarang tidak, okelah sekarang masih subsidi tapi balikinnya lebih besar lah,” tandasnya.RUL.

 

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Dana Pajak Rokok NTB Diputar Talangi Premi Warga KLU

MATARAM, DS – Pemprov NTB merencanakan tambahan dana sebesar Rp 21 miliar yang diterima dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *