Korban Gempa Lombok Timur Dapat Bantuan dari Bupati Agam – Duta Selaparang
Kamis , 23 Mei 2019
Home / Ekonomi / Korban Gempa Lombok Timur Dapat Bantuan dari Bupati Agam
Bupati Agam didampingi Bupati Lombok Timur menyerahkan secara simbolis bantuan perlengkapan sekolah kepada perwakilan SD, SMP dan SMA dan penyerahan bantuan senilai Rp 190 juta

Korban Gempa Lombok Timur Dapat Bantuan dari Bupati Agam

SELONG,DS-Bupati Lombok Timur,  HM. Sukiman Azmy, menerima kunjungan kerja Bupati Agam, Provinsi Sumatera Barat, H. Indra Catri di Pendopo Bupati, Kamis (10/1). Kunjungan ini dalam rangka penyerahan bantuan bagi korban bencana gempa bumi Lombok Timur. Turut menyambut kedatangan Bupati Agam, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PDK, Kepala BPBD, Kepala BPD Syariah dan Kabag Kesra Setda Kabupaten Lombok Timur.

Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy, dalam sambutannya menyampaikan detail daerah Lombok Timur yang terdiri dari 21 kecamatan, 254 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk sebanyak 1,3 juta jiwa.

Dari 21 kecamatan, yang terkena dampak langsung bencana 18 kecamatan dan yang terparah 5 kecamatan. Sedangkan, rumah yang rusak terdampak gempa sebanyak 27 ribu lebih yang akan dibangun. Pemerintah Daerah Lombok Timur telah menerima Rp 380 milyar untuk perbaikan rumah rusak berat dari Kementerian PUPR.

Kendala yang dihadapi saat ini, lanjut Sukiman, bukan uang yang kurang, tetapi aplikatornya yang tidak memadai. Rekanan yang datang ke daerah ini adalah rekanan yang relatif kemampuannya sebatas UMKM. Padahal, yang diharapkan datang adalah perusahaan skala nasional yang tidak mengandalkan uang muka. Itu yang membuat pembangunan rumah terdengar lamban.

Ditambahkan Bupati, pemerintah telah menganggarkan Rp 58 milyar dari APBD untuk diberikan kepada seluruh masyarakat yang terkena dampak bencana yang masing-masing KK mendapatkan Rp 1 juta.

“Pemda sudah merealisasikan bantuan secara merata masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan 1 juta sebagai bentuk perhatian pemerintah bagi warga yang terkena musibah,”  ungkap Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Agam dan masyarakatnya yang telah menaruh perhatian kepada masyarakat Lombok Timur. “Semoga apa yang dihajatkan untuk masyarakat Lombok Timur tersebut menjadi amal kebaikan buat semua,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Agam, H. Indra Catri, mengucapkan terimakasih pada Pemda Lotim, khususnya Bupati yang telah menerima kunjungan sekaligus silaturrahmi Pemerintah Kabupaten Agam dengan penuh rasa kekeluargaan.

“Bencana alam merupakan cobaan dari Tuhan YME. Dibalik semua itu, pasti ada hikmah yang baik setelah itu,” ungkapnya. “Bantuan yang diberikan merupakan tali kasih untuk meringankan beban masyarakat Lombok Timur yang terkena bencana,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Agam didampingi Bupati Lombok Timur menyerahkan secara simbolis bantuan perlengkapan sekolah kepada perwakilan SD, SMP dan SMA dan penyerahan bantuan senilai Rp 190 juta yang diterima Bupati Lombok Timur. (kis)

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Pemdes Jangan Ragu Anggarkan Adminduk di APBDes

SELONG,DS-Dokumen administrasi kependudukan (adminduk) merupakan identitas hukum yang sangat urgen dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Lewat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: