Senin , 22 April 2019
Home / Ekonomi / Kerahkan 1.000 Personil, Rumah Rusak Berat Diprediksi Bertambah
Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto meninjau lokasi gempa

Kerahkan 1.000 Personil, Rumah Rusak Berat Diprediksi Bertambah

LOTIM, DS – Selama dua hari sejak Senin (18/3) dan Selasa (19/3), Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto meninjau lokasi terdampak gempa beruntun bermagnitudo 5,8 dan 5,2 SR yang terjadi pada Minggu (17/3) sore di sejumlah wilayah di Pulau Lombok.

Saat berada di dusun Solong, desa Pesanggarahan, Kecamatan Montong Gading, Pangdam Benny menyampaikan, jika personel TNI sudah ikut menyelesaikan proses evakuasi korban longsor air terjun Tiu Kelep di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Meski begitu, masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan.

“Perlu kerja keras terutama dalam pendataan karena kerusakan rumah dari (gempa) tahun lalu dengan ini akan bertambah lagi, yang semula rumah rusak ringan dan rusak sedang menjadi rusak berat. Ini akan kita lakukan pendataan ulang sambil melakukan pencairan dana yang sedang kita kerjakan,” ujar Benny menjawab wartawan, Selasa (19/3) kemarin.

Menurut Benny, pihaknya telah mengerahkan sebanyak 1.000 personel yang punya spesifikasi membangun infrastruktur untuk membantu proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Lombok.

“Evakuasi sudah kita lakukan. Semua korban luka dan korban jiwa sudah teratasi semua. Sekarang kita fokus mendata ulang kerusakan rumah agar segera diverifikasi dan untuk percepatan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Benny.

Benny juga meminta personel TNI mengecek laporan tentang adanya pembangunan rumah tahan gempa (RTG) yang rusak akibat gempa kemarin. Berdasarkan laporan sementara, kata Benny, kerusakan mayoritas berada pada sisi sambungan rumah sehingga banyak rumah yang awalnya masuk dalam kategori rusak ringan dan rusak sedang kini menjadi rusak berat.

“Kita akan cek apakah rumah yang sedang kita kerjakan apakah rusak lagi atau tidak. Mudah-mudahan tidak ada. Kalau ada ini menjadi bahan evaluasi karena rehabilitasi kita harapkan agar tidak ada lagi rumah roboh,” tandas Benny. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Sandiaga Berbagi Tips Berwirausaha ke Milenial Lombok

LOBAR, DS –  Cawapres Sandiaga Uno menghadiri Lombok Young Entrepreneur Summit (YES) 2019 di Lombok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *